Memupuk Sinergitas Mewujudkan Kemandirian Desa, Penutupan Rapat Koordinasi Program Penguatan Kelembagaan Pemdes Tingkat Provinsi Regional III

Memupuk Sinergitas Mewujudkan Kemandirian Desa, Penutupan Rapat Koordinasi Program Penguatan Kelembagaan Pemdes Tingkat Provinsi Regional III - rakor - www.indopos.co.id

Direktorat Jenderal Bina Pemdes Kemendagri melaksanakan Rapat Koordinasi Program Penguatan Kelembagaan Pemerintahan Desa Tingkat Provinsi Regional III bertempat di Hotel Best Western The Lagoon, Manado, Sulawesi Utara, Selasa (5/12/23). Foto: Dok Ist

INDOPOS.CO.ID – Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melaksanakan Rapat Koordinasi Program Penguatan Kelembagaan Pemerintahan Desa Tingkat Provinsi Regional III bertempat di Hotel Best Western The Lagoon, Manado, Sulawesi Utara, Selasa (5/12/23).

Acara ini menunjukkan sinergi yang luar biasa antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa di Regional III yang terdiri dari Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Dalam penutupan Rakor, Muhammad Yani Hutamada AT sebagai Analis Kebijakan Ahli Madya Direktorat Fasilitasi Lembaga Kemasyarakatan dan Adat Desa, PKK, dan Posyandu, Ditjen Bina Pemdes, membacakan sambutan Penutupan Pelaksana Hariang (Plh) Dirjen Bina Pemerintahan Desa La Ode Ahmad P Bolombo.

Dalam isi sambutannya La Ode menyatakan apresiasi kepada seluruh stakeholder terkait, baik dari Kementerian/Lembaga, Dinas PMD Provinsi dan Kabupaten/Kota, Camat dan Kepala Desa yang telah mendukung pelaksanaan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) sampai saat ini.

Sinergitas antar stakeholder ini diharapkan dapat terus ditingkatkan kedepannya hingga berakhirnya P3PD pada tahun 2024.

Hasil dari pelaksanaan “Rapat Koordinasi Program Penguatan Kelembagaan Pemerintahan Desa Tingkat Provinsi Regional III” ini akan dijadikan bahan rekomendasi untuk kebijakan pada masa yang akan datang khususnya untuk perbaikan pelaksanaan P3PD pada tahun 2024.

“Desa adalah tulang punggung pembangunan kita. Kolaborasi yang kita bangun hari ini akan menjadi pondasi yang kokoh untuk percepatan mewujudkan desa-desa yang tangguh dan mandiri,” ujar La Ode dalam isi sambutannya.

Sebagai penutup, Muhammad Yani Hutamada AT didampingi Tundra Meliala Senior Advisor Bidang Harmonisasi Regulasi Desa P3PD yang membacakan laporan akhir dari Direktur Dr. TB. Chaerul Dwi Sapta, SH., M.AP. dan Hendro dari NMC, secara resmi menyatakan penutupan Rapat Koordinasi Regional III ini, dengan harapan semangat kolaboratif ini terus membawa perubahan positif dalam pembangunan desa. (gin)

Exit mobile version