Tak Hanya di Aceh, DPR Turut Soroti Pengungsi Myanmar di Sidoarjo Jelang Pemilu

Pengungsi-Rohingya

ilustrasi pengungsi Rohingya . (ist)

INDOPOS.CO.ID – Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto menyoroti adanya lalu lintas internasional masuknya orang dari luar negeri, khususnya di momen jelang Pemilu 2024. Satu di antara yang menjadi sorotannya adalah mengenai adanya pengungsi Rohingya, Myanmar, yang berdomisili di Sidoarjo.

“Saya menekankan pengawasan orang asing di Jawa Timur ini, jangan sampai Pemilu yang dijaga kejujuran dan adil di Indonesia ini kemudian berpotensi dikotori oleh perilaku-perilaku menyimpang dengan masuknya beberapa tim asing ini yang diskenariokan menjadi potensi mobilisasi suara,” kata Didik dalam keterangannya, sebagaimana yang dikutip indopos.co.id, Kamis (14/12/2023).

Politisi Fraksi Partai Demokrat ini berharap pihaknya tidak ingin bahwa kehadiran pengungsi Rohingya tersebut malah menimbulkan persoalan baru di tengah-tengah masyarakat. Sehingga, ia ingin memastikan bahwa Kanwil KemenkumHAM Jawa Timur, khususnya imigrasi bisa bertindak secara proporsional untuk menangani pengungsi ini.

“Karena bagaimanapun juga pengungsi Rohingya ini sudah ada di Indonesia mendapatkan perlindungan dan pengawasan dari PBB tentu kami berharap Kanwilkumham bisa proporsional untuk bisa melakukan pengawasan penanganan manajemen maupun juga memastikan rumah detensi imigrasi ini juga layak untuk menjadi tempat untuk menangani para pengungsi Rohingya,” tegasnya yang mengaku usai melakukan pertemuan Kunjungan Kerja di Surabaya, Jawa Timur beberapa hari lalu.

Sebelumnya publik sempat dihebohkan dengan penolakan warga Aceh atas keberadaan pengungsi Rohingya di sejumlah kabupaten di Tanah Rencong itu.

Warga mengeluhkan perilaku para pengungsi yang dinaggap sudah membuat resah masyarakat pribumi. (dil)

Exit mobile version