Miliki Peran Penting di Keluarga, Menkominfo: Perempuan Harus Cakap Digital

kominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi S (tengah). Foto: Nasuha/ INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Perempuan memiliki peran penting dan strategis untuk memperkuat ketahanan keluarga pada era digital. Karena itu perempuan harus memiliki akses informasi yang baik terkait literasi digital.

Hal ini untuk meningkatkan kapasitas agar dapat meminimalisir dampak negative dari digitalisasi.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Ilma Nugrahani Ismail mengatakan, perempuan memiliki peran yang signifikan dalam keluarga. Untuk itu sudah sepatutnya menyiapkan diri dari ancaman digital.

“Kita saling belajar edukasi, mengingatkan, dan memahami tentang literasi digital,” ujar Ilma Nugrahani Ismail di Jakarta, Sabtu (16/12/2023).

Sebagai salah satu organisasi perempuan di Indonesia, menurut dia, DWP memiliki standing position dan mengambil peran strategis untuk pembangunan nasional.

Lebih jauh ia mengatakan, hubungan interpersonal yang terbangun dalam Dharma Wanita Persatuan memudahkan pertukaran informasi dan mempererat hubungan di antara Perempuan.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi S menuturkan, kaum perempuan sangat urgent memahami literasi digital.

“Sudah selayaknya kita jadikan momentum bagi perempuan indonesia merapatkan barisan untuk mampu menginspirasi kaum perempuan. Agar pandai dan cakap untuk memaksimalkan potensi penggunaan teknologi digital,” ujar Budi.

Budi menambahkan, kemampuan literasi digital yang baik bagi wanita termasuk memahami dan menciptakan informasi yang bermanfaat melalui teknologi digital.

“Ini bisa dimaksimalkan pula dengan pemahaman yang menyeluruh terhadap gadget yang dimiliki. Dan risiko dari keteledoran dan pengendalian diri yang buruk,” katanya. (nas)

Exit mobile version