Bandara Minangkabau Kembali Beroperasi Usai Terdampak Erupsi Marapi

Bandara Minangkabau Kembali Beroperasi Usai Terdampak Erupsi Marapi - bandara minangkabau - www.indopos.co.id

Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Foto: Dok Wikipedia

INDOPOS.CO.ID – Bandara Internasional Minangkabau (BIM) yang menjadi pintu masuk jalur udara Sumatera Barat dibuka kembali pada, Sabtu (23/12/2023).

Sebelumnya sempat ditutup sementara karena terjadi erupsi Gunungapi Marapi, Jumat (22/12/2023) kemarin.

Direktur Direktorat Angkutan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Putu menyatakan, sudah tidak ditemukan lagi abu vulkanik di seluruh wilayah jalur penerbangan pesawatz yang akan menuju maupun lepas landas dari bandara BIM. Termasuk faktor lain yang dapat mempengaruhi lalu lintas penerbangan.

Hal tersebut berdasarkan perkembangan, yang diolah melalui data satelit maupun informasi dari tim gabungan di lapangan. Maka diputuskan untuk membuka kembali bandara BIM.

“Berdasarkan perkembangan terkini maka Bandara Internasional Minangkabau dibuka kembali (Resume Normal Operation) pada hari Sabtu, 23 Desember 2023 pukul 23:00 UTC atau 06:00 WIB, melalui NOTAM B2573/23 NOTAMC B2559/23,” kata Putu dalam keterangannya, Sabtu (23/12/2023).

Erupsi Gunungapi Marapi telah berdampak pada lalu lintas penerbangan dari dan menuju Bandara BIM. Sebanyak 15 jadwal penerbangan yang terdiri dari 2 rute internasional dan 13 domestik terpaksa harus dibatalkan.

Abu vulkanik yang terlontar dari kawah Gunungapi Marapi diketahui terbawa angin hingga ke Kota Pariaman-Padang Pariaman. Wilayah itu merupakan jalur pesawat mengambil ancang-ancang jika hendak mendarat maupun lepas landas.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara BIM melaporkan, terdapat abu vulkanik sebaran Gunungapi Marapi di Bandara BIM karena tertiup angin dengan kecepatan permukaan 05 knot pada pukul 12.00 UTC.

Atas dasar dan pertimbangan tersebut, maka pihak Otoritas Bandara VI wilayah Padang sempat menghentikan seluruh penerbangan sementara. Baik dari maupun yang akan menuju Bandara BIM, terhitung sejak pukul 16.00 sampai 22.00 WIB, demi alasan keamanan dan keselamatan. (dan)

Exit mobile version