Waspada Lonjakan Covid-19, Jika Alami Gejala Ini Segera Periksa ke Fasyankes

Waspada Lonjakan Covid-19, Jika Alami Gejala Ini Segera Periksa ke Fasyankes - menkes 1 - www.indopos.co.id

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. (Dok Kemenkes)

INDOPOS.CO.ID – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengimbau, seluruh masyarakat yang merasa kurang fit segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes), seiring melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia.

Terutama yang merasakan gejala seperti demam, batuk, dan pilek. Tujuan pemeriksaan tersebut untuk diagnosis lebih lanjut keluhan kesehatan yang dirasakan pasien. Sekaligus melakukan testing Covid-19.

“Masyarakat kalau sudah ada gejala, sebaiknya segera tes untuk mengetahui apakah positif Covid-19 atau flu biasa,” kata Budi Gunadi dal keterangannya di Jakarta, dikutip Sabtu (23/12/2023).

Bila tanpa ada penyakit komorbid maupun gejala lain, serta hasil pemeriksaan tersebut menyatakan terjangkit Covid-19, maka cukup istirahat di rumah.

“Kalau positif Covid-19 tapi tidak bergejala sebaiknya istirahat saja. Kalau bergejala bisa ke Puskesmas untuk mendapatkan obat,” pesan Budi Gunadi.

Kementerian Kesehatan mencatat sebaran Covid-19 varian JN.1 di Indonesia terus bertambah menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2023. Hingga 19 Desember 2023, jumlahnya mencapai 41 kasus.

Temuan kasus tersebut berdasarkan hasıl pemeriksaan Whole Genome Sequensing (WGS), terhadap 77 sampel atau 43 persen dari 453 kasus konfirmasi Covid-19 pada sepanjang November sampai awal Desember 2023.

“Hasil sequence kita terhadap JN.1 ini naik, tadinya hanya 1 persen di awal November menjadi 19 persen di minggu ketiga November, kemudian di awal Desember ini sudah 43 persen,” tuturnya. (dan)

Exit mobile version