Tolak Permintaan Penundaan Pemberian Bansos Usai Pemilu, Komisi VI DPR akan Panggil Mendag Zulhas

Aria-Bima

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima (foto : Humas DPR)

INDOPOS.CO.ID – Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima menyoroti sikap Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang menolak pembagian bantuan sosial (Bansos) ditunda sampai Pemilu 2024 selesai. Ia menduga Zulhas mempolitisasi persoalan Bansos tersebut.

“Itu adalah politisasi Bansos yang tidak perlu, yang digunakan pemberitaan untuk rakyat hanya untuk mendapatkan politik elektoral itu sesuatu yang tidak manusiawi,” kata Aria Bima sebagaimana yang dikutip pada Jumat (5/1/2024).

Lebih lanjut, politisi PDI Perjuangan ini memastikan akan mempertanyakan sikap Mendag terkait Bansos tersebut usai masa reses pertengahan bulan Januari ini.

Menurutnya, saat ini Kementerian Perdagangan (Kemendag) harusnya fokus pada kenaikan harga beras dan cabai.

“Itu akan kami tanyakan di Komisi VI, Pak Zul harusnya berkonsentrasi pada kenaikan (harga) beras yang pada hari ini (beras) medium mencapai Rp15 ribu dan cabai mencapai Rp175 ribu,” tegasnya.

Diketahui, sebelumnya Mendag Zulkifli Hasan menanggapi permintaan agar pemerintah menunda penyaluran Bansos sampai Pemilu 2024 berakhir. Menurutnya, justru Bansos saat ini sangat dibutuhkan masyarakat, sehingga adanya bantuan sosial tidak boleh ditunda penyalurannya.

“Karena harga naik, maka ada bantuan BLT El Nino, Bansos, kemudian BLT biasa. Jadi ini harus dilanjutkan, diteruskan, karena rakyat sangat membutuhkan,” tandas Zulhas. (dil)

Exit mobile version