Pengobatan Kanker dengan BPJS, IHC RSPP: Lebih Banyak Pasien Disembuhkan

dr-Neny-Herawati-MKKK

Direktur Rumah Sakit Pusat Pertamina (IHC RSPP) dr Neny Herawati MKKK (tengah) saat jumpa wartawan di Jakarta, Rabu (10/1/2024) Foto: Nasuha/ INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Dengan layanan radioterapi kanker yang dapat diakses oleh peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, semakin banyak pasien kanker yang bisa disembuhkan.

Pernyataan tersebut diungkapkan Direktur Indonesia Healthcare Corporation Rumah Sakit Pusat Pertamina (IHC RSPP) dr Neny Herawati, MKKK di Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Ia mengatakan, tidak banyak rumah sakit yang menyediakan layanan kanker dengan menggunakan BPJS Kesehatan. Mulai 1 Januari 2024, untuk layanan radioterapi sudah disetujui oleh BPJS Kesehatan.

“Pengobatan jadi bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, sehingga tidak perlu khawatir soal biaya,” katanya.

Selain layanan radioterapi kanker, masih ujardia, sejumlah layanan lain seperti kemoterapi, radionuklir, kateterisasi jantung dan endoskopi kini sedang dalam tahap pengajuan untuk dapat bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Untuk layanan lainnya masih dalam proses pengajuan ke pihak BPJS, dan mudah-mudahan dapat direalisasikan di trimester pertama 2024 ini,” katanya.

Dia mengatakan, sampai saat ini IHC RSPP merupakan satu-satunya rumah sakit asal Indonesia yang tergabung ke dalam Mayo Clinic Care Network (MCCN).

Adanya status keanggotaan ini, kata dia, memungkinkan IHC RSPP dalam mengakses berbagai pengetahuan dan keahlian dari tim Mayo Clinic, sebagai salah satu rumah sakit terbaik di dunia. Termasuk diskusi mengenai pengobatan kanker, dan pengobatan layanan dan penyakit lainnya.

“Hal itu merupakan keuntungan bagi setiap tenaga medis di IHC RSPP untuk meningkatkan kemampuan di skala internasional, karena tim medis IHC RSPP dapat melakukan teleconference dan secara langsung dengan para ahli kesehatan dari Mayo Clinic dan tentunya edukasi medis,” ucapnya.

Di usianya yang ke-52 tahun ini, Neny menyebutkan IHC RSPP turut melakukan renovasi gedung untuk dapat melayani pasien yang lebih banyak. Dan membuat sistem layanan administrasi pendaftaran pasien secara digital mulai dari hulu ke hilir untuk memudahkan pasien yang akan berobat. (nas)

Exit mobile version