Pelatihan UMKM Relawan GIM Tingkatkan Keterampilan Masyarakat Purworejo

Pelatihan UMKM Relawan GIM Tingkatkan Keterampilan Masyarakat Purworejo - pragi 2 - www.indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Masyarakat di Purworejo kini memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam industri kecantikan, khususnya dalam produksi bulu mata palsu. Sebuah pelatihan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang diselenggarakan telah berhasil melatih sejumlah individu dalam teknik produksi bulu mata palsu yang berkualitas.

Pelatihan yang diinisiasi oleh Relawan Garuda Indonesia Maju (GIM) dengan kolaborasi bersama Diva Prima Cemerlang pada kali ini melebarkan sayapnya ke Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Menurut Dewi Harlas, CEO Diva Prima Cemerlang, pelatihan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat lokal agar mampu bersaing di pasar global. Ini menunjukkan potensi besar bagi produk-produk lokal untuk dapat dikenal dan diterima di pasar internasional.

“Produk yang dihasilkan dari pelatihan ini akan melalui proses sortir dan diekspor seperti batch sebelumnya,” ujar Dewi Harlas, CEO Diva Prima Cemerlang, Purworejo, Rabu (7/2/2024).

Pelatihan ini memberikan manfaat yang jelas, dan dapat membantu meningkatkan keterampilan dan pendapatan masyarakat di daerah Purworejo. Dengan memperluas jangkauan pelatihan semacam ini, diharapkan akan tercipta lebih banyak lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di seluruh Indonesia.

“Pelatihan ini memberikan kami pengetahuan dan keterampilan baru yang sangat berharga. Kami yakin dapat mengembangkan usaha kami dan meningkatkan taraf hidup keluarga kami,” ujar Sri Rahayu, peserta pelatihan, Purworejo, Rabu (7/2/2024).

Giat semacan ini yang diadakan oleh Garuda Indonesia Maju merupakan miniatur dari program-program strategis yang nantinya akan dibawa oleh Pak Prabowo dan Mas Gibran dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tambahnya.

“Pelatihan seperti ini memang memiliki manfaat yang signifikan jika diduplikasi di wilayah lain. Selain memberikan keterampilan baru kepada peserta, pelatihan UMKM semacam ini juga dapat merangsang pertumbuhan ekonomi lokal. Dengan meningkatnya jumlah UMKM yang berkembang, akan tercipta lapangan kerja baru dan berpotensi mengurangi tingkat pengangguran,” Dhika Yudistira selaku Sekretaris Jenderal Garuda Indonesia Maju, Purworejo, Rabu (7/2/2024).

Dalam kesempatan yang sama, Gatra Putra (Ketua Harian GIM) mengungkapkan dukungannya terhadap pelatihan-pelatihan seperti ini. Menurutnya, pelatihan seperti ini sangat berpihak pada masyarakat desa dan dengan adanya usaha padat karya seperti ini dinilai mampu menambah penghasilan setiap keluarga di wilayah usaha ini dilaksanakan.

Diharapkan, upaya semacam ini akan terus didukung dan didorong oleh pemerintah serta pihak-pihak terkait guna menciptakan ekosistem UMKM yang lebih kuat dan berdaya saing di Indonesia.

“Mari bersama-sama memberikan dukungan untuk mengembangkan UMKM di berbagai wilayah, demi mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” Ujar Gatra selaku Ketua Harian DPP Garuda Indonesia Maju, Purworejo, Rabu (7/2/2024). (ibs)

Exit mobile version