Bawaslu Telusuri Video Viral Dugaan Surat Suara Tercoblos di Arab Saudi

Bawaslu Telusuri Video Viral Dugaan Surat Suara Tercoblos di Arab Saudi - bawaslu 2 - www.indopos.co.id

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja yang ditemani oleh anggota Bawaslu Loly Suhenti dan Totok Hariyono saat jumpa pers di Kantor Bawaslu, Jakarta, Minggu (11/2/2024). (Indopos.co.id/Dili)

INDOPOS.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengaku sedang menelusuri viralnya video seorang WNI yang diduga sedang mengikuti pemilihan umum di Arab Saudi, namun menemukan Surat suara yang Tercoblos di salah satu gambar paslon, namun ketika dirinya mencoblos paslon lainnya, maka surat suara itupun akhirnya dinyatakan rusak.

“Ya pada hari ini, sedikitnya di HP Saya mendapat kiriman dari 20 WA (WhatsApp) yang mengirimkan video yang sama seorang pria berpeci putih yang menunjukkan surat suara sudah tercoblos. Kami tidak tahun pasti itu di TPS mana,” kata Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja dalam jumpa pers di Kantor Bawaslu, Jakarta, Minggu (11/2/2024).

Namun ia menyatakan, ada kejanggalan dari perkataan di video yang beredar itu. Menurutnya, tidak seharusnya surat suara bisa keluar dari bilik suara.

“Surat suara rusak seharusnya berhenti dulu disampaikan ke petugas KPPS, bukan keluar bilik suara lalu di video-kan,” kata Bagia.

Cuplikan video viral seorang WNI yang mengaku mendapatkan surat suara rusak yang diduga di Arab Saudi. (Cuplikan video)

Selain itu, ucap Bagja, pihaknya juga akan menelusuri apakah surat suara yang rusak itu hanya satu atau banyak di TPS tersebut.

“Kalo ada surat suara dicoblos semua, maka seluruh proses di KPPS surat suara itu bermasalah. Tapi kalau dia doang tentu ini juga jadi pertanyaan,” ucap Bagja.

“Kami akan minta (konfirmasi) ke Panwaslu entah itu di Jedah atau dimana, kami belum tahu. Kami akan telusuri itu,” tutupnya. (dil)

Exit mobile version