Pemerintah Dukung Ekspor Produk Pangan UMKM ke Pasar Global

ekspor

Ilustrasi ekspor. Foto: dokumen INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya menggenjot ekspor produk pangan ke pasar global. Caranya, memastikan keamanan pada produk yang dijual para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui berbagai program dan inisiatif.

Pernyataan tersebut diungkapkan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga dalam keterangan, Minggu (11/2/2024).

Ia menuturkan, Kementerian Perdagangan mendukung penuh upaya ekspor produk pangan ke pasar global.

Strategi yang komprehensif diperlukan untuk menggenjot ekspor pada 2024 ini.

“Strategi ini meliputi diversifikasi produk ekspor, peningkatan kualitas dan keamanan produk, serta perluasan pasar ekspor ke negara-negara nontradisional,” ungkapnya.

Jerry mengatakan, Kementerian Perdagangan memiliki program pendampingan dan sertifikasi Analisis Bahaya dan Pengendalian Titik Kritis (Hazard Analysis and Critical Control
Point/HACCP) untuk UMKM ekspor di bidang pangan. Program ini telah berjalan sejak 2020.

Rencananya, sebanyak 12 UMKM ekspor sektor pangan akan mendapatkan pendampingan dan sertifikasi HACCP pada 2024 ini. Sertifikasi HACCP dibutuhkan dalam upaya peningkatan kualitas dan keamanan produk pangan ekspor.

Dia menekankan, pentingnya menjaga kualitas, keamanan, dan keberlanjutan produk sebagai kunci daya saing produk ekspor ke pasar global. Selain itu, memperluas jangkauan pemasaran produk dengan memanfaatkan peluang pasar nontradisional juga menjadi keniscayaan dalam keberhasilan mengembangkan ekspor.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), neraca perdagangan Indonesia mencatatkan surplus sebesar USD 36,93 miliar sepanjang 2023. Nilai ekspor Indonesia pada periode Januari-Desember 2023 mencapai USD 258,82 miliar, sedangkan nilai impornya sebesar USD 221,89 miliar.

Diketahui, HACCP adalah sebuah sistem yang bertujuan untuk memastikan keselamatan konsumen dalam mengonsumsi makanan. HACCP meminimalkan risiko kesehatan yang berkaitan dengan konsumsi makanan dan meningkatkan kepercayaan akan keamanan makanan olahan sehingga dapat mempromosikan perdagangan dan stabilitas usaha makanan. (nas)

Exit mobile version