Bangun Budaya Baca untuk Songsong Indonesia Emas 2045

Bangun Budaya Baca untuk Songsong Indonesia Emas 2045 - lukis - www.indopos.co.id

Kampanye minat baca bertajuk “Gerakan Literasi Indonesia Gemar Membaca Sejak Dini” di SDN Kuningan Barat 01, Jakarta Selatan. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Buku adalah jendela dunia. Kunci untuk membukanya ialah membaca. Hal tersebut secara jelas menggambarkan manfaat membaca, yakni membuka, memperluas wawasan dan pengetahuan seseorang.

Seperti halnya dilakukan portal berita, Olenka menggelar kampanye minat baca bertajuk “Gerakan Literasi Indonesia Gemar Membaca Sejak Dini” di SDN Kuningan Barat 01, Jakarta Selatan pada, Kamis (29/2/2024).

Pemimpin Redaksi Olenka, Cahyo Prayogo mengatakan, bahwa anak-anak sekolah dasar merupakan sumber daya manusia (SDM) yang kelak akan mengoptimalkan peluang bonus demografi guna mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Salah satu langkah perlu dipersiapkan untuk mengoptimalkan peluang bonus demografi adalah memperdalam ilmu, yaitu dengan rajin membaca sejak dini.

“Persiapan yang harus dilakukan, untuk mengoptimalkan momentum (Indonesia Emas) tersebut adalah rajin membaca karena kesempatan itu tidak akan bisa didapatkan kalau tidak ada persiapan dari segi ilmu,” kata Cahyo dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Kepala Sekolah SDN Kuningan Barat 01, Jakarta Selatan Karti Windikusuma, menyampaikan apresiasi kegiatan Gerakan Literasi Indonesia Gemar Membaca Sejak Dini.

“Untuk anak-anak, jangan malas membaca karena buku adalah gudangnya ilmu. Dengan membaca, kalian akan semakin bertambah ilmunya, pengetahuannya, dan keterampilannya,” ucap Karti Windikusuma.

Kampanye Gerakan Literasi Indonesia Gemar Membaca Sejak Dini itu untuk meningkatkan minat baca anak. Pasalnya, minat baca masyarakat Indonesia tergolong rendah.

Hal itu dibuktikan dari data Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-bangsa (UNESCO) bahwa minat baca masyarakat Indonesia hanya sebesar 0,001 persen atau hanya satu dari 1.000 orang yang gemar membaca. (dan)

Exit mobile version