TNI AL Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam bagi Masyarakat

TNI AL Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam bagi Masyarakat - tni - www.indopos.co.id

Pelatihan penanggulangan bencana alam di di wilayah kerja Lanal Kendari. Foto: TNI AL untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Angkatan Laut mengambil peran dalam upaya penanggulangan dampak bencana alam. Salah satu program yang dilaksanakan adalah pelatihan penanggulangan bencana alam di di wilayah kerja Lanal Kendari.

“Penanggulangan bencana alam untuk menciptakan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana,” ujar Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) I Gede Dharma Yoga dalam keterangan, Selasa (5/3/2024).

Puncak kegiatan dihadiri Kepala Dinas Potensi Maritim TNI Angkatan Laut (Kadispotmaral) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Gatot Mardiyono. Pada kegiatan tersebut diakhiri dengan simulasi kesiapsiagaan bencana dan evakuasi mandiri masyarakat pesisir terhadap ancaman gempa bumi dan tsunami.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Potensi Maritim TNI Angkatan Laut Brigadir Jenderal TNI (Mar) Gatot Mardiyono mengatakan, kegiatan pelatihan penanggulangan bencana merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh TNI AL terutama di daerah-daerah rawan bencana.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat,” katanya.

“Sehingga tercipta masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana serta tercipta situasi yang aman dan kondusif,” imbuhnya.

Diketahui, materi yang diberikan dalam pelatihan meliputi sistem peringatan dini gempa bumi dan tsunami, penanganan korban gempa bumi dan tsunami. Juga, sistem komando penanganan darurat bencana, mekanisme penanganan kelompok rentan, penyandang disabilitas dan pengungsi.

Dan pelatihan manajemen kesiapsiagaan bencana, prosedur pelaksanan proses evakuasi mandiri dari ancaman risiko. (nas)

Exit mobile version