Tingkatkan Peran Masyarakat, TNI AL Gelar Karya Bakti di Wilayah Perbatasan Tahun 2024

Karya-Bakti

TNI AL Gelar Karya Bakti di Wilayah Perbatasan Tahun 2024. Foto: Dok TNI AL/Istimewa.

INDOPOS.CO.ID – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menyelenggarakan kegiatan Karya Bakti 2024 di wilayah perbatasan, khususnya di Kampung Nelayan Hamadi, Papua.

Kegiatan berdurasi sekitar satu bulan di Lantamal X Jayapura bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan.

Wilayah tersebut dianggap strategis dalam mendukung pembangunan nasional, mengharuskan optimalisasi pengamanan perbatasan untuk meningkatkan kesejahteraan dan keamanan masyarakat di sana.

Kepala Dinas Potensi Maritim TNI AL (Kadispotmaral) sekaligus penanggung jawab kegiatan Karya Bakti Wilayah Perbatasan (Karbak Wiltas) 2024 Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono menyatakan bahwa pemerintah memiliki target dalam pembangunan kawasan perbatasan, yakni mendukung dan memperkuat peran masyarakat di sana melalui pendekatan kesejahteraan, keamanan, dan kelestarian lingkungan secara bersama-sama.

“Dalam rangka mencapai sasaran fisik, TNI Angkatan Laut dan BAZNAS telah melaksanakan kegiatan renovasi pada rumah ibadah, tempat pendidikan anak usia dini, serta rumah layak huni. Ini merupakan bentuk kolaborasi strategis untuk meningkatkan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat,” katanya dalam keterangan Sabtu (9/3/2024).

Sementara itu, untuk mencapai sasaran non fisik, diselenggarakan kegiatan penyuluhan yang mencakup pembekalan produk olahan perikanan, pengenalan digital marketing, bela negara, dan gaya hidup sehat.

“Program ini merupakan inisiatif TNI AL yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Dinas Potensi Maritim TNI AL, dengan fokus pada daerah perbatasan Republik Indonesia atau wilayah terluar yang dianggap strategis dan rawan dari perspektif pertahanan dan keamanan negara,” ujarnya.

“Oleh karena itu, penting untuk memberikan perhatian khusus dalam pengembangan sumber daya manusia dan ekonomi masyarakat di daerah tersebut,” imbuhnya.

Komandan Lantamal X Brigadir Jenderal TNI (Mar) Ludi Prastyono menambahkan, Lantamal X, sebagai Satuan Komando Kewilayahan TNI AL di Jayapura, memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan Karya Bakti Wilayah Perbatasan 2024 di Kota Jayapura.

Unit ini juga aktif melaksanakan pembinaan potensi maritim di wilayah kerjanya melalui serangkaian program kemasyarakatan yang fokus pada pembinaan dan pemberdayaan potensi nasional di sektor maritim.

Tujuannya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan kemanunggalan TNI Rakyat serta Ruang, Alat, dan Kondisi (RAK) Juang yang tangguh demi kepentingan pertahanan negara.

Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah tokoh dan perwakilan, antara lain, Wadan Lantamal X Jayapura Kolonel Laut (P) Rizaldi, Aspotmar Lantamal X Jayapura Letkol Mar Istepanus Ginting, Sekda Kota Jayapura Frans Pekey, serta perwakilan Ketua Baznas RI oleh Wakil Ketua 2 Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Provinsi Papua, Joko Dasri.

Hadir pula beberapa figur penting seperti Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Faturachman, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Provinsi Papua diwakili PPK BPP Provinsi Papua Dominggus Tappang, dan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Papua Anthonius M. Ayorbaba. Dirut Bank BNI diwakili Rianto Siregar dan Henry Silaban (Pemimpin BNI Cabang Jayapura).

Para pemimpin dan perwakilan dari sektor pendidikan, industri, serta organisasi masyarakat turut ambil bagian, menunjukkan dukungan kolektif dalam mendukung kegiatan ini. (fer)

Exit mobile version