Ditanya Soal Munas dan Merapatnya Jokowi ke Golkar, Inilah Jawaban Airlangga Usai Gelar Rapat Pleno

Rapat-Pleno-Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat jumpa pers usai memimpin Rapat Pleno DPP Golkar, Minggu (10/3/2024) malam. (foto : dil/indopos.co.id)

INDOPOS.CO.ID – Partai Golkar menggelar rapat pleno di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat. Lalu, apakah rapat ini membahas adanya isu pergantian Ketua Umum Partai Golkar di Musyawarah Nasional (Munas) tahun ini ?

“Tidak. Tidak ada pembahasan Munas. Agendanya bicara kemenangan pilpres dan Pileg,” kata Airlangga usai memimpin jalannya Rapat Pleno DPP Partai Golkar di DPP Golkar, Jakarta Barat, Minggu (10/3/2024) malam.

Airlangga menegaskan, jadwal musyawarah nasional akan diselenggarakan pada Desember 2024 mendatang.

“Jadwal Munas nanti di bulan Desember,” terangnya.

Kemudian ketika disinggung dengan rumor Presiden Joko Widodo akan pindah ke Partai Golkar, Airlangga berseloroh bahwa mereka memiliki hubungan yang baik.

“(Hubungan) Kita emang sudah rapat dengan Pak Jokowi. Jadi karena sudah rapat sudah beriringan lihat saja iklan-iklan Partai Golkar bersama Pak Jokowi sehingga tentu itu menunjukkan bahwa Pak Jokowi dekat dan nyaman dengan Golkar,” kilahnya tanpa memberikan penjelasan tambahan.

Rapat pleno dipimpin langsung oleh Airlangga Hartarto. yang juga dihadiri oleh Sekjen para wakil ketua umum dan seluruh pengurus DPP Golkar, serta Badan Pemenangan Pemilu.

Sebagaimana diketahui, isu Munas mulai dihembuskan oleh politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo. Ia mengungkap ada empat nama yang disebutnya masuk bursa calon ketua umum Golkar. Bamsoet mengatakan namanya juga masuk bursa tersebut.

“Setidaknya santer empat suara yang muncul di permukaan yang akan bertarung di forum Munas tahun ini,” kata Bamsoet di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Bamsoet menyebutkan empat nama itu ialah dirinya, Ketum Golkar sekaligus Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Ada Pak Airlangga, kemudian ada Pak Agus Gumiwang, kemudian ada Pak Bahlil, dan ada saya,” kata Bamsoet.

Namun Bamsoet tak berbicara lebih jauh soal persiapannya untuk kembali maju sebagai caketum. Dia mengatakan saat ini partainya masih berfokus mengawal proses penghitungan suara pemilu.

Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menilai, Airlangga Hartarto adalah kandodat terkuat kembali menjadi Ketum Golkar karena hasil suara di Pemilu 2024 yang meningkat. Namun, dia menyebut sosok Jokowi sebagai batu sandungan Airlangga.

“Airlangga Hartarto paling kuat. Prestasinya yang meningkatkan suara pileg 2024 secara drastis. Itu legacy AH yang tak bisa dibantah. Tak mudah bagi Golkar hadapi pemilu 2024 karena tak punya jagoan kader sendiri, khawatir tak dapat coattail effect. Tapi nyatanya suara Golkar melesat jauh,” kata Adi Prayitno kepada wartawan, Sabtu (9/3/2024).

Terkait Presiden Jokowi diisukan bergabung Golkar. Katanya, hal itu bisa mengimbangi Airlangga.

“Apalagi belakangan ini muncul wacana Jokowi masuk Golkar bisa bikin konstalasi internal Golkar berubah. Jika itu terjadi, Jokowi akan jadi batu sandungan bagi AH,” pungkasnya menambahkan. (dil)

Exit mobile version