Hari Raya Nyepi, Jokowi: Semoga Diberikan Kelancaran Catur Brata Penyepian

Presiden-Jokowi

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers di Jakarta. (Dok. Humas Setkab/Jay)

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan Selamat Hari Nyepi 2024 kepada umat Hindu di seluruh wilayah Tanah Air pada, Senin (11/3/2024). Nyepi merupakan peringatan menyambut awal tahun saka. Tahun 2024 Masehi ini bertepatan pada Tahun Baru Saka 1946.

“Rahajeng Rahina Nyepi (Selamat Hari Nyepi) 2024. Warsa Anyar Caka 1946,” kata Jokowi dalam akun Instagram miliknya @jokowi, Jakarta, Senin (11/3/2024).

Ia mengharapkan, ritual keagamaan yang dilakukan setiap Hari Raya Nyepi berjalan aman dan tanpa kendala.

“Pada Hari Raya Nyepi yang suci ini semoga diberikan kelancaran dalam melaksanakan Catur Brata Penyepian untuk kita semua, khususnya umat Hindu di mana pun berada,” ujar Jokowi.

Berdasar keterangan Surat Edaran Parisada Hindu Dharma Indonesia tentang pelaksanaan Hari Raya Nyepi, Catur Brata Penyepian merupakan sebuah rituan tahunan yang memiliki spirit kultural, yang berisi empat larangan.

Ritual tersebut harus dilakukan tanpa ada bunyi pengeras suara dan tidak menyalakan lampu pada waktu malam hari. Terkecuali bagi mereka yang terbaring sakit atau membutuhkan layanan keselamatan dan hal-hal lain dengan alasan kemanusiaan.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah menyampaikan, selamat merayakan Hari Suci Nyepi tahun baru Caka 1946 bagi umat Hindu di seluruh wilayah Tanah Air.

“Semoga umat Hindu dapat terus meningkatkan kualitas diri dalam hubungan manusia dengan Tuhan, sesama anak bangsa, dan dengan lingkungan,” ucap Yaqut secara terpisah dalam laman resmi Kementerian Agama, Minggu (10/3/2024). (dan)

Exit mobile version