Ada 3 Manfaat Puasa Ramadan, Ini Penjelasan Wapres Ma’ruf Amin

Ada 3 Manfaat Puasa Ramadan, Ini Penjelasan Wapres Ma'ruf Amin - wapres 1 - www.indopos.co.id

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. (Dok. Setwapres)

INDOPOS.CO.ID – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengungkap, tiga manfaat ibadah puasa yang dijalankan umat Muslim selama Ramadan. Salah satunya, melatih diri untuk tabah dan sabar, serta mengendalikan nafsu dengan baik.

“Pertama, manfaat kejiwaan atau spiritual (fa’idah ruhiyyah), di mana kita melakukan pembiasaan diri untuk bersikap sabar dan menahan hawa nafsu,” kata Ma’ruf Amin dalam laman resmi Wapres, Jakarta, Selasa (12/3/2024).

Hal tersebut penting karena semua manusia mempunyai nafsu, tentu jika dituruti akan membawa manusia untuk melakukan perbuatan yang buruk atau innan-nasa la’ammaaratum bis-su’).

“Keshalihan manusia, kebaikan manusia tergantung dari kemampuannya untuk mengendalikan nafsu dan puasa adalah salah satu cara yang efektif untuk mengendalikannya,” ucap Ma’ruf Amin.

Manfaat puasa yang kedua, ialah manfaat sosial kemasyarakatan atau fa’idah itimaiyyah yaitu pembiasaan diri untuk bersikap tertib, disiplin, dan setara dengan orang lain tanpa melihat status sosialnya.

“(Manfaat) ketiganya, manfaat kesehatan (fa’idah shihhiyyah) di mana kita melakukan pembiasaan diri untuk membersihkan organ-organ,” jelas Ma’ruf Amin.

Selain manfaat puasa tersebut, Ramadan secara umum memiliki manfaat yang besar bagi umat Islam, yakni sebagai tempat menempa diri.

“Ramadan juga merupakan madrasah bagi umat Islam untuk melakukan tarbiyyatun nafs atau pendidikan diri dalam rangka mencapai tazkiyyatun nafs (penyucian jiwa) dan tashfiyatun nafs (pemurnian jiwa),” imbuhnya.

Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan, awal Ramadan 1445 Hijriah atau 2024 Masehi jatuh pada Selasa (12/03/2024). Sementara organisasi Islam Muhammadiyah lebih dulu menjalani puasa pada, Senin (11/3/2024) kemarin. (dan)

Exit mobile version