HFN 2024, Kemendikbudristek Perkuat Ekosistem Perfilman Indonesia

hfn

Peringatan HFN 2024 di Jakarta. Foto: Kemendikbudristek untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID — Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar peringatan Hari Film Nasional (HFN) ke-74 yang jatuh pada hari ini , Sabtu (30/3/2024). Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan, rasa bangganya melihat kebangkitan dunia perfilman Indonesia saat ini.

Ia menilai, kualitas film Indonesia terus meningkat dan tema yang diangkat dalam film-film Indonesia juga semakin beragam. “Dampak positif dari perkembangan ini bisa dilihat dari bertambahnya kepercayaan masyarakat terhadap film karya anak bangsa,” ujar Nadiem Anwar Makarim di Jakarta, Sabtu (30/3/2024).

“Semoga, Indonesia terus memiliki banyak sineas yang akan mengharumkan nama bangsa dan meningkatnya jumlah masyarakat yang mencintai dan mendukung film karya Indonesia,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek Hilmar Farid menambahkan, bahwa pemerintah akan selalu berupaya memfasilitasi sektor kebudayaan secara optimal untuk memperkuat, memajukan, dan mempertahankan ekosistem yang salah satunya adalah industri perfilman.

Serangkaian cara inklusif serta berkesinambungan telah dilakukan demi menggapai tujuan tersebut, sehingga perfilman Indonesia diharap dapat menjadi fondasi pembangunan karakter bangsa dan sumber inovasi yang tidak terbatas.

“Kebudayaan bukan hanya warisan masa lalu, tetapi juga menjadi kunci untuk memahami masa kini dan merancang masa depan. Perfilman nasional ikut andil dalam memperkuat tatanan budaya dan mengokohkan pemajuan kebudayaan Indonesia,” ujarnya. (nas)

Exit mobile version