Rusun untuk Penyandang Disabilitas di Kota Surakarta Miliki Spesifikasi Khusus

Rusun untuk Penyandang Disabilitas di Kota Surakarta Miliki Spesifikasi Khusus - pupr 3 1 - www.indopos.co.id

Kementerian PUPR bekerjasama dengan Kemensos telah menyelesaikan pembangunan Rusun yang memiliki spesifikasi khusus bagi penyandang disabilitas di Kota Surakarta. Foto: Dok. Kementerian PUPR

INDOPOS.CO.ID – Program pembangunan hunian layak huni oleh Kementerian PUPR bukan hanya diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), tapi juga menyasar para penyandang disabilitas.

Guna mensukseskan program dan kebijakan pembangunan tersebut, Kementerian PUPR bekerjasama dengan Kementerian Sosial telah menyelesaikan pembangunan Rusun yang memiliki spesifikasi khusus bagi penyandang disabilitas di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF) Prof. Dr. Soeharso di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

“Kami ingin hasil pembangunan infrastruktur perumahan ini juga bisa dinikmati oleh para penyandang disabilitas. Hal ini menunjukkan bahwa negara benar-benar hadir untuk menyediakan hunian layak bagi seluruh masyarakat,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di Jakarta, Minggu (31/3/2024).

Kementerian PUPR, imbuhnya, juga telah melakukan serah terima bangunan vertikal beserta meubelair dan prasarana, sarana pendukungnya kepada Kemensos agar Rusun tersebut dapat segera dimanfaatkan dan dihuni.

Lebih lanjut, Iwan menambahkan, pembangunan Rusun ini wujud sinergitas Kementerian PUPR dengan Kementerian Sosial dalam upaya dukungan penyediaan hunian bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). Selain desain bangunan yang khusus, Kementerian PUPR juga telah melengkapi hunian dengan meubelair sehingga para penghuni bisa tinggal dengan nyaman.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III, Syamsiar Nurhayadi menyatakan, Rusun Kemensos BBRSPDF Prof. Dr. Soeharso dibangun di Jalan Adi Sucipto No.41 Kerten, Laweyan, Kota Surakarta, JawaTengah. Rusun tersebut dibangun pada Tahun Jamak 2022-2023 dengan spesifikasi tipe khusus 62 unit dan dapat menampung 124 orang. Rusun ini di lengkapi dengan meubelair di setiap unitnya serta prasarana, sarana dan utilitas (PSU) di area Rusun.

“Kriteria calon penghuni Rusun tersebut adalah pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial,” terangnya .

Kepala Sentra Terpadu Prof. Dr Soeharso Surakarta Mas Kahono Agung Suhartoyo mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR yang telah membangun Rusun yang berkualitas baik ini. Bangunan ini diharapkan dapat digunakan sebagai tempat tinggal yang layak bagi para pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial.

“Kami akan segera meminta pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial yang sudah didata untuk tinggal di Rusun ini,” katanya. (srv)

Exit mobile version