Sejumlah Wisata Jadi Incaran Pemudik di Jateng, Pemerintah Tekankan Hal Ini

Sejumlah Wisata Jadi Incaran Pemudik di Jateng, Pemerintah Tekankan Hal Ini - bus wisata - www.indopos.co.id

Bus wisata di Jawa Tengah. Foto: Instagram/@ranselwisata

INDOPOS.CO.ID – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menekankan, pentingnya mengantisipasi dan mengatasi beragam permasalahan selama berlangsungnya masa angkutan Lebaran 2024. Termasuk kelaikan bus pariwisata, yang ada di Jawa Tengah.

Jawa Tengah merupakan wilayah menjadi daerah tujuan terbanyak mudik Lebaran 2024, yaitu sebesar 31,8 persen (61,6 juta orang). Itu berdasar survei potensi pergerakan masyarakat selama Lebaran 2024 oleh Kementerian Perhubungan.

“Angkutan lebaran merupakan salah satu kegiatan strategis, yang menentukan ukuran keberhasilan penyelenggaraan sektor transportasi di mata publik,” kata Budi Karya Sumadi dalam keterangannya di Jakarta, Senin (1/4/2024).

Maka persiapan terus dilakukan, untuk memastikan penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2024 terlaksana dengan baik. “Mengutamakan aspek keselamatan bagi masyarakat,” ujarnya.

Ia menyatakan, pemerintah pusat berkolaborasi dengan pemerintah daerah, karena Jawa Tengah memiliki aktivitas khusus seperti jalur wisata, pasar tumpah, serta rest area.

“Wisata Dieng, Tawangmangu, Sarangan, Borobudur, pasti semua yang mudik ingin ke sana. Namun bus wisata berisiko tinggi karena banyak yang sudah tua,” ucap Budi Karya.

Sehingga perlu pengecekan rutin kepada bus pariwisata, supaya kendaraan selalu siap dan prima saat digunakan menuju tempat wisata.

“Saya harap semua Kapolres melakukan rampcheck dan merekomendasikan apa yang boleh dilakukan sopir. Jika pada hari H ada bus pariwisata yang melanggar, maka perintahkan balik arah,” imbuhnya. (dan)

Exit mobile version