Usir Kejenuhan Saat Macet Mudik Lebaran, Badan Bahasa Bagikan Buku Gratis

Buku-Gratis

INDOPOS.CO.ID – Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan buku yang bermutu. Dengan mengimplementasikan program literasi dan membantu para pemudik saat di perjalanan.

Kepala Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, Iwa Lukmana mengatakan, program Mudik Asyik Baca Buku 2024 dilaksanakan di 5 lokasi, yakni Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal Pulo Gebang.

“Kami harap kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya gemar membaca sejak dini,” ujar Iwa Lukmana kepada INDOPOS.CO.ID ditemui di Terminal Kampung Rambutan, Selasa (2/4/2024).

Menurut dia, sasaran kegiatan Mudik Asyik Baca Buku 2024 merupakan pemudik dari kalangan anak-anak dan orang tua. Sebab, saat mudik orang tua lebih suka memberikan ponsel kepada anaknya daripada mengajak mereka berdiskusi.

“Alasan orang tua tidak mau disusahkan saat anak merasa bosan dan rewel. Padahal, konten dan aplikasi di ponsel seringkali lolos dari kontrol orang tua,” katanya.

Ia menyebut di kegiatan Mudik Asyik Baca Buku Tahun ini akan dibagikan secara gratis sebanyak lebih dari 3.000 buku bermutu pada setiap lokasi. Sebanyak lebih dari 15.000 buku tersebut akan disalurkan kepada para pemudik selama kegiatan Mudik Asyik Baca Buku berlangsung.

“Tujuan dari kegiatan Mudik Asyik Baca Buku 2024 ini untuk memberikan edukasi kepada orang tua tentang urgensi dan manfaat gemar membaca,” ujarnya.

“Memberikan buku yang mendidik dan bermanfaat untuk menemani anak saat perjalanan mudik, memperkenalkan pusat buku dan bacaan yang akan menjadi acuan dalam mendidik anak, dan meningkatkan minat baca anak sejak dini,” imbuhnya.

Selain itu, masih ujar Iwa, kegiatan juga bertujuan untuk memasyarakatkan literasi, memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan buku yang bermutu, harga terjangkau, dan merata.

Di tempat yang sama, Pengawas Terminal Kampung Rambutan Jumali mengapresiasi kegiatan Mudik Asyik Baca Buku 2024. Ia berharap, kegiatan tersebut bisa rutin dilakukan.

“Ini pertama kali, dan patut kita apresiasi. Dan harapan kegiatan ini bisa rutin dilakukan,” katanya.

“Dengan membaca buku kemacetan saat mudik tidak terasa,” imbuhnya. (nas)

Exit mobile version