Kompolnas Beri Apresiasi pada Polresta Bandara Soetta, Ini Penyebabnya

Pos-Mudik-Ceria-2

Polresta Bandara Soekarno-Hatta telah menyiapkan pelayanan dari kepolisian terpusat lebaran 2024, berupa 3 pospam, 3 posyan dan 1 posko terpadu disertai dengan terobosan kreatif. Foto/ dok indopos.co.id

INDOPOSCO.ID – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) selaku Pengawas Fungsional Polri memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Kombes Roberto Pasaribu dan jajarannya atas inovasi dalam memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat yang mudik menggunakan pesawat udara melalui Bandara Soekarno-Hatta.

“Kami memberikan apresiasi pada Kapolres dan jajarannya dalam pelayanan dan perlindungan pada masyarakat selama arus mudik yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta,” ujar Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti, Senin (8/4/2024).

Poengky menyatakan dalam melayani dan melindungi masyarakat yang mudik Lebaran, sesuai arahan Kapolri dan Kapolda Metro Jaya, Polresta Bandara Soekarno-Hatta telah menyiapkan pelayanan dari kepolisian terpusat lebaran 2024, berupa 3 pospam, 3 posyan dan 1 posko terpadu disertai dengan terobosan kreatif.

Polresta Bandara Soekarno Hatta telah menyiapkan Pos Ramah Ibu Anak Ramadan Presisi 2024, yakni booth di ruang tunggu boarding Terminal 1, 2 dan 3 yang dikelola oleh para Polwan dari Polresta Bandara Soekarno-Hatta, khusus diperuntukkan bagi anak dan ibu.

“Di sini, Polresta Bandara menyediakan tempat bermain dengan sarana melukis, menyusun mainan bongkar pasang (lego), dan juga disiapkan hiburan boneka polisi sahabat anak serta snack dan makanan berbuka puasa bagi anak2 serta ibu. Layanan ini bekerja sama dengan Kantor Otban Wilayah 1 dan Angkasa Pura Bandara Soekarno-Hatta dan ini merupakan terobosan yang baik,” kata Poengky.

Pos-Mudik-Ceria
Polresta Bandara Soekarno-Hatta telah menyiapkan pelayanan dari kepolisian terpusat lebaran 2024, berupa 3 pospam, 3 posyan dan 1 posko terpadu disertai dengan terobosan kreatif. Foto/ dok indopos.co.id

Selain menyediakan Pos Ramah Ibu Anak Ramadan, lanjut Komisioner Kompolnas ini, Polresta Bandara Soetta juga menyiapkan SPKT Booth Mobile yakni unit mobil bergerak yang bertugas sebagai Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) dalam rangka meningkatkan pelayanan kepolisian yang hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Lewat layanan ini masyarakat yang mengalami masalah bisa mendapatkan pelayanan kepolisian tanpa harus ke kantor polisi. Selain itu lewat Layanan SPKT Booth mobile tersebut, petugas kepolisian yang mengawaki menggunakan fasilitas kendaraan akan dengan mudah berpindah lokasi pelayanan,”ujarnya.

“Dalam layanan SPKT Booth Mobile ini masyarakat dapat membuat laporan/surat kehilangan dokumen, layanan Pengecekan kesehatan, pengaduan dan Konsultasi tindak Pidana, Pemberitahuan Masa berlaku SKCK dan Perpanjangan SKCK,” tambahnya.

Poengky menyatakan Kompolnas melihat layanan-layanan tersebut dapat memudahkan masyarakat dan memberikan rasa aman serta kenyamanan dalam mudik Lebaran 2024, serta dapat mengeratkan koordinasi dan sinergisitas dengan Kementerian/Lembaga terkait untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama masa arus mudik hingga balik.

“Ini Patut kita apresiasi. Kompolnas berharap, meski terjadi kenaikan jumlah penumpang pesawat yang signifikan, tetapi dengan adanya pelayanan Polresta Bandara Soekarno-Hatta tersebut, para penumpang dapat merasa senang, nyaman, dan aman berada di Bandara menunggu keberangkatan menuju kampung halaman dan keamanan Bandara bisa terjaga dengan baik mulai dari berlangsungnya arus mudik hingga arus balik,” katanya.

Kompolnas berpesan agar Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta dan seluruh anggota yang bertugas tetap menjaga kesehatan agar tetap dapat melayani dan melindungi masyarakat secara prima, sehingga dengan pelayan prima ini akan meningkatkan cinta dan kepercayaan masyarakat kepada Polri.

Berdasarkan data penumpang yang menggunakan sarana Bandara Soekarno-Hatta, pada Jumat 5 April (H-5) dengan jumlah penumpang 179.353 orang (naik 34 % dari tahun 2023), Sabtu 6 April 2024 (H-4) berjumlah 184.230 orang, untuk Minggu 8 April 2024 (H-3) berjumlah 169.661 orang, atau selama H-5 hingga H-3 total jumlah penumpang sebesar 533.244 orang, atau telah terjadi peningkatan dari tahun 2023 sebesar 8.5%. (gin)

Exit mobile version