Kelelahan Penyebab Terbanyak Kecelakaan di Jalur Mudik, Ini Pesan Korlantas Polri

aan

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan memberikan keterangan pers mengenai arus mudik Lebaran 2024. Foto: (Dok Div Humas Polri)

INDOPOS.CO.ID – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengimbau, para pemudik yang melakukan aktivitas perjalanan arus balik Lebaran Idulfitri 2024 menjaga kondisi tubuhnya dalam keadaan prima. Bila terasa lelah, maka berisitirahat dan jangan memaksakan tetap berkendara.

Mengingat berkaca dari sebagian besar kasus kecelakaan pada arus mudik Lebaran 2024, penyebab utamanya rasa letih tidak bisa tertahan.

Ada dua kejadian kecelakaan mengerikan. Pertama, di jalur contraflow Km 58 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada, Senin (8/4/2024). Akibatnya 12 orang meninggal dunia

Selain itu, kecelakaan bus PO Rosalia Indah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (11/4) sekitar 06.35 WIB. Diduga karena sopir mengantuk. Tujuh orang penumpang meninggal dunia akibat kecelakaan itu.

“Saya kira itu belajar dari beberapa kejadian yang kemarin ya semuanya adalah karena kelelahan,” kata Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan dalam keterangannya diterima, Sabtu (13/4/2024).

“Tolong ini disampaikan kepada masyarakat, ini sangat fatal akibatnya apabila kalau kita tetap memaksa untuk berkendara,” tambahnya.

Selain itu, masyarakat diminta menggunakan angkutan resmi dari pemerintah agar lebih nyaman dan termonitor keselamatannya.

“Berdoa jangan lupa, selamat kita kalau naik di angkutan umum pastikan angkutan umum yang resmi biar ya terjamin kendaraannya,” ucap Aan.

Meski angka kecelakaan lalu lintas secara nasional selama arus mudik Lebaran 2024 mengalami penurunan mulai 4 April hingga hari-H, 10 April.

“Kami melihat evaluasi selama arus mudik, mulai 4 hingga hari-H untuk laka lantas ada penurunan secara nasional, ada 12 persen turun dari 1.723 kasus periode sebelumnya menjadi 1.581 kasus,” beber Aan. (dan)

Exit mobile version