Berkaca Kecelakaan Tol Cikampek, Kakorlantas Minta Pemudik Sewa Mobil Resmi untuk Arus Balik

Berkaca Kecelakaan Tol Cikampek, Kakorlantas Minta Pemudik Sewa Mobil Resmi untuk Arus Balik - aan 10 - www.indopos.co.id

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan. Foto: Dok Div Humas Mabes Polri

INDOPOS.CO.IDKorps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengimbau, masyarakat yang hendak pulang kembali ke perantauan atau arus balik Lebaran Idulfitri 2024 menggunakan kendaraan umum atau sewa resmi agar memastikan kelaikan kendaraan.

Mengingat ada kecelakaan melibatkan tiga mobil, salah satunya taksi gelap. Itu terjadi di jalur contraflow Km 58 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada, Senin (8/4/2024). Akibatnya 12 orang meninggal dunia.

“Kepada masyarakat apabila akan menggunakan kendaraan umum atau sewa pastikan kendaraan yang resmi, tidak menggunakan kendaraan sewa yang tidak resmi karena kita tidak bisa menjamin kendaraan itu layak jalan atau tidak,” kata Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan dalam keterangannya, Jakarta, Minggu (14/4/2024)

Meski melihat evaluasi kecelakaan lalu lintas secara nasional mengalami, penurunan 12 persen begitu juga tingkat fatalitas yang menurun.

Namun, dengan adanya kejadian kecelakaan menonjol saat arus mudik, ia berpesan kepada pengemudi untuk memastikan diri dalam kondisi sehat dan stamina kuat serta tidak memaksakan berkendara jika lelah.

“Melihat evaluasi kecelakaan Lalu Lintas secara nasional ada penurunan 12 persen, begitu juga tingkat fatalitas turun namun kita prihatin ada dua kejadian menonjol,” ujar Aan.

“Kepada calon yang akan melakukan perjalanan kembali ke Jakarta maupun ke Sumatera, stamina pengemudi harus dipastikan untuk tetap dalam fit,” tambahnya.

Polri memberlakukan, rekayasa lalu lintas (lalin) contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta dalam rangka mengurai peningkatan volume lalu lintas saat arus balik lebaran 2024. (dan)

Exit mobile version