INDOPOS.CO.ID – Di tengah disrupsi teknologi saat ini, perusahaan media suka atau tidak suka harus bersaing ketat dengan platform digital. Perusahaan media atau publisher dituntut berinovasi menciptakan produk berita, tidak hanya berkualitas, namun menarik lebih banyak pembaca.
Menurut Chief Content Officer (CCO) Kapanlagi Youniverse (KLY) Wenseslaus Manggut, media perlu mengadopsi model storytelling dalam menghasilkan berita. Paling penting harus mudah dipahami.
“Pendekatan storytelling dalam pemberitaan bisa memengaruhi bisnis media. Kisah yang menarik tidak hanya mudah dimengerti oleh pembaca, tetapi juga menyisipkan pesan yang mendalam ke ingatan pembaca,” kata Wenseslaus dalam diskusi publik bertajuk “Inovasi Cara Bercerita (Storytelling) dan Jurnalisme untuk Audience Digital” di Jakarta, Kamis (29/8/2024).
Di tengah banjirnya konten serta tak sedikit konten yang justru sengaja diciptakan untuk disinformasi, data menjadi salah satu kekuatan utama dalam berita.
Namun, banyak media menuliskan berita dengan data-data atau angka-angka yang kompleks, yang sering kali sulit dipahami oleh audiensnya. Maka itu, data dan istilah yang kompleks perlu dinarasikan dengan cara yang lebih mudah dimengerti.
“Angka sulit diingat karena tidak menciptakan kesan mendalam di otak kita. Sebaliknya, cerita mudah diingat karena membentuk memori dan kenangan dalam diri kita,” jelas Wenseslaus.
Potensi media digital untuk menjangkau audiens ebih luas sangat besar. Namun, banyaknya jumlah media massa yang harus berkompetisi dengan platform media sosial, menuntut adanya inovasi konten yang dapat diterima oleh masyarakat luas.
Abigail Limuria, Co-Founder Whatisupindonesia (WIUI), menyoroti anak muda sering kali malas membaca berita karena penyajian kompleks dan terkadang sulit dimengerti.
“Data yang kompleks akan lebih mudah dimengerti jika dibungkus dengan storytelling. Banyak berita yang menjadi lebih efektif ketika disampaikan dengan cara ini,” ucap Abigail. WIUI hadir menjelaskan konten berita yang rumit menjadi lebih menarik serta mudah dipahami. (dan)