INDOPOS.CO.ID – Anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Tommy Kurniawan mengingatkan pengampu kepentingan terkait penerbangan agar tetap menjaga kualitas layanan yang prima, di tengah berbagai kepadatan agenda nasional.
Menurutnya, mendukung agenda kedewanan merupakan bagian dari kewajiban sesuai dengan regulasi dan kontrak yang telah diamanatkan.
Salah satu contohnya, kata Tommy adalah disaat bertepatan dengan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Hal itu disampaikannya dalam agenda Kunjungan Kerja Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI ke Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.
“Memang Indonesia saat ini banyak menggelar event-event skala nasional misalnya seperti PON. Walaupun begitu, bukan berarti tugas-tugas kedewanan tidak didukung oleh (layanan) protokoler yang baik. Saya harap ini diperhatikan dan ada solusinya,” kata Tommy sebagaimana dikutip dari laman DPR RI, Senin (23/9/2024).
Sebab itu, politosi PKB ini berharap seluruh pengampu kepentingan, termasuk PT Gapura Angkasa, konsisten dalam menerapkan standar layanan terbaik.
Sebagai informasi, setiap anggota dewan memiliki hak protokoler guna mendukung kerja kedewanan, yang mana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (UU MD3) dan UU Keprotokolan serta Peraturan DPR RI tentang tata tertib. Maka dari itu, BURT DPR RI secara berkala mengawasi layanan keprotokolan, termasuk bandara di Indonesia.
Pengawasan dilakukan untuk memastikan standar layanan yang telah termaktub dalam regulasi dan kontrak telah sesuai dijalankan. Melalui Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI, pihak DPR telah menjalin kerja sama dengan PT Gapura Angkasa terkait pelayanan protokoler kedewanan sejak tahun 2018.
Sejumlah layanan yang disediakan di antaranya layanan penjemputan dan pengantaran, ticketing, bagasi dan lounge di 38 bandara di berbagai daerah, termasuk di Bandara Internasional Kualanamu.
Wakil Ketua BURT DPR Nasril Bahar juga menekankan agar PT Gapura Angkasa harus meningkatkan kualitas pelayanan, mengingat tahun ini menjadi tahun penyambutan periode dewan yang baru.
“Tahun ini, akan ada anggota dewan yang baru. PT Gapura Angksa harus selalu meningkatkan pelayananan karena ini bagian dari hak protokol dan kami setara dengan pejabat publik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ungkap Nasril saat memimpin kunker ke Bandara Internasional Kualanamu itu.
Selama pertemuan berlangsung, pihaknya memaparkan catatan perbaikan terkait layanan terkait sejumlah maskapai yang belum tepat waktu untuk jadwal penerbangan dan ditemukan adanya pelanggaran tata tertib penjemputan serta pendampingan dewan. “Saya harap ini menjadi perhatian kita bersama. Saya harap masalah keberangkatan pesawat tepat waktu dan lebih tertib menjalankan SOP protokol,” tandas Politisi Fraksi PAN itu. (dil)