INDOPOS.CO.ID – Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham Ditjen Imigrasi memperluas akses layanan publik dengan membuka Immigration Lounge di Senayan City, menyusul kesuksesan unit pertama di PIM 3.
Layanan ini dirancang untuk memudahkan masyarakat mengurus paspor secara cepat, termasuk di akhir pekan. Dengan sistem yang lebih efisien, paspor selesai dalam satu jam dan langsung bisa diambil.
Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim menyampaikan bahwa Immigration Lounge di Senayan City, di bawah Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat, khusus melayani paspor elektronik percepatan.
Pemohon harus mendaftar melalui Aplikasi M-Paspor, dengan kuota 50 pemohon per hari. Layanan beroperasi Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB dan akhir pekan pukul 08.00-14.00 WIB.
“Inisiatif ini mendekatkan layanan paspor yang cepat dan praktis bagi masyarakat, terutama mereka yang tidak sempat mengurus saat hari kerja atau membutuhkan paspor segera,” katanya kepada wartawan Senin (30/9/2024).
Silmy menjelaskan bahwa dalam satu jam, pemohon yang telah menyelesaikan wawancara dan perekaman biometrik akan menerima notifikasi jika paspor mereka selesai.
“Sambil menunggu, mereka dapat berjalan-jalan di mall atau bersantai di Immigration Lounge dengan fasilitas kudapan,” ujarnya.
Silmy pun menegaskan bahwa layanan publik harus adaptif terhadap tuntutan masyarakat, dengan mengutamakan kenyamanan, kemudahan, dan kecepatan.
“Layanan Publik Harus Prioritaskan Kenyamanan dan Kecepatan. Inovasi ini merupakan langkah nyata Imigrasi dalam merespons kebutuhan publik,” pungkasnya.
Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi Customer Service melalui WhatsApp di 0811 8418 333 atau Instagram @kanimjakpus_. (fer)