Meski Tak Gelar Barongsai, Umat Sembahyang dengan Khusyuk di Vihara Avalokitesvara

INDOPOS.CO.ID – Pandemi Covid-19 menjadi pembeda dalam perayaan imlek. Sebab pergantian tahun bagi masyarakat Tionghoa itu tanpa digelar dengan barongsai.

Pengurus Vihara Avalokitesvara, Banten Halim Husen mengatakan, barongsai sengaja tidak digepar lantaran wilayah Kota Serang masih dilanda Covid-19. “Nggak ada acara, cuma malam doang ibadah balik lagi,” katanya saat diwawancara, Senin (31/1/2022).

Ia menyebutkan, umat telah khusyuk beribadah meskipun jumlahnya berkurang karena dibatasi. Pembatasan bagi umat sengaja dilakukan untuk meminimalisir interaksi di Vihara dan sebagai upaya penvegahan penularan Covid-19.

“Sejak ada pandemi ini berkurang pengunjung, paling nitip lilin saja. Sekarang nggak ada 50 persen mah, banyak yang ngasih tahu nggak bakal datang,” jelasnya.

Bahkan, umat yang mau beribadah di Vihara Avalokitesvara diwajibkan menggunakan masker. Tidak hanya itu, Vihara juga sempat ditutup selama dua bulan dalam rangka penanggulangan Covid-19. “Barongsai nggak ada. Pernah tutup 2 bulan total di sini (vihara, red),” tutupnya. (son)

Exit mobile version