Bea Cukai Tanjung Emas Hibahkan 780 Unit Laptop kepada Pemerintah Kota Semarang

Bea Cukai

INDOPOS.CO.ID – Peduli peningkatan kualitas pendidikan, Bea Cukai Tanjung Emas hibahkan 780 unit laptop kepada Pemerintah Kota Semarang, Selasa (15/2). Laptop senilai Rp694.200.000 tersebut merupakan barang hasil tegahan petugas Bea Cukai Tanjung Emas atas pelanggaran kepabeanan, yaitu tidak diberitahukannya jenis barang.

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Anton Martin mengatakan kegiatan hibah ini merupakan misi sosial Bea Cukai dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Pendidikan, menurutnya merupakan modal utama kemajuan suatu bangsa, tanpa ada pendidikan, mustahil akan adanya pembangunan, akan adanya kehidupan dan kesehatan, adanya inovasi di berbagai bidang bahkan mustahil bangsa ini akan tetap berdiri di tengah peradaban bangsa-bangsa lain di dunia ini.

“Pendidikan merupakan fondasi untuk mencerdaskan generasi bangsa Indonesia, hal itu juga menjadi salah satu fokus perhatian kami. Melalui hibah laptop ini diharapkan dapat meningkatkan semangat pelajar di Kota Semarang, apalagi saat ini pembelajaran masih didominasi pembelajaran jarak jauh. Semoga melalui sarana ini dapat mempermudah proses pembelajaran,” katanya.

Selain dilaksanakan untuk membantu sistem pembelajaran sekolah-sekolah di Kota Semarang, kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut penanganan barang tegahan Bea Cukai Tanjung Emas. Barang hasil tegahaan, menurut Anton selalu ditindaklanjuti oleh Bea Cukai Tanjung Emas melalui berbagai regulasi, baik pemusnahan, pelelangan, atau salah satunya adalah dengan menghibahkan. Laptop tersebut telah diurus status kepemilikannya menjadi barang yang menjadi milik negara untuk dihibahkan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 111/PMK.06/2016 tentang Tata Cara Pelaksanan Pemindahtanganan Barang Milik Negara dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 240/PMK.06/2014 tentang Tata Cara Pengelolaan Barang Milik Negara yang Berasal dari Aset Eks Kepabeanan dan Cukai.

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi menerima langsung hibah laptop tesebut dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Bea Cukai Tanjung Emas yang sudah membantu dan merealisasikan hibah laptop ini. “Laptop ini akan kami serahkan kepada Dinas Pendidikan Kota Semarang untuk mendukung berjalannya pembelajaran sekolah-sekolah di Semarang, khususnya pembelajaran online semasa pandemi covid ini,” katanya. (ipo)

Exit mobile version