Bupati Tapanuli Utara Buka Musrembang Tingkat Kecamatan di Sipoholon

Bupati Tapanuli Utara

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si (baju Hitam) membuka secara langsung pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Tingkat Kecamatan RKPD tahun 2023 di Kecamatan Sipoholon, Selasa (8/3/2022)

INDOPOS.CO.ID – Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si membuka secara langsung pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Tingkat Kecamatan RKPD tahun 2023 di Kecamatan Sipoholon, Selasa (08/03/2022).

Bupati Tapanuli Utara dalam sambutannya menjelaskan bahwa situasi dan kondisi saat ini walaupun masih dalam masa pandemi Covid-19, untuk perencanaan tahun 2023, mengharuskan tetap optimis merumuskan kebijakan.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan beberapa usulan prioritas untuk tahun 2023 per desa yang ada di kecamatan Sipoholon antara lain rehabilitasi jalan, pembangunan jalan usaha tani, pembangunan drainase lingkungan, pembangunan air bersih, pelatihan kewirausaan dan pemasaran bagi pelaku UMKM, Pelatihan berbasis kompetensi kejuruan menjahit, penyediaan handtraktor, bibit cabai dan bibit kopi, dan banyak lagi.

“Saya lihat dari usulan yang diberikan, dibandingkan dengan tahun lalu sudah terlihat jelas perkembangan dari progres pembangunan dari jalan yang sudah semakin bagus dan berkualitas. Untuk desa yang masih butuh pembangunan atau perbaikan jalan harus segera dituntaskan. Kita akan coba tahun ini, usulannya dikerjakan tahun ini. Meskipun ini adalah usulan untuk tahun 2023 tapi saya akan tetap perjuangkan agar segera direalisasikan mulai tahun 2022 ini,” tegas Bupati Nikson Nababan.

Apalagi, kecamatan Sipoholon memiliki potensi pariwisata ‘Air panas’, serta ada UMKM, Pertanian dan Pendidikan Tinggi. Terdiri dari 13 Desa,1 Kelurahan dan memiliki 2 UPT pelayanan kesehatan dan satuan Pendidikan dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA sampai setingkat perguruan tinggi.

Dengan potensi tersebut, Bupati Nikson Nababan sangat berharap peran serta masyarakat di Sipoholon untuk menjaga kelestarian air di Aek Sigeaon sebagai sumber ‘Air Baku’ di beberapa kecamatan Kabupaten Tapanuli Utara.

“Banyak potensi di Sipoholon yang harusnya dilestarikan oleh masyarakat. Mulai dari pariwisata ‘Air Panas’, Air Sungai (Aek Sigeaon) dan pertanian, hutan yang masih lebat dilestarikan. Saya mengajak para kepala desa agar bekerjasama dengan Pemkab Taput, untuk memberikan arahan kepada masyarakat agar tidak membuang jamban, limbah rumah tangga dan plastik ke areal daerah aliran sungai,” pintanya.

Dikesempatan yang sama Bupati menyampaikan harapan akan hadirnya Universitas Negeri Umum di Kecamatan Sipoholon, dimana masyarakat Sipoholon ke depannya yang akan menikmati dampak pertumbuhan ekonominya. Kedepan akan terbuka juga berbagai peluang usaha, lapangan kerja seluas-luasnya seperti kos-kosan, jualan kuliner dan sebagainya.

“Saya mohon dukungan dan doa agar Perpres hadirnya Universitas Negeri Tapanuli Raya segera terbit, sebagai trigger pendukung peningkatan pendidikan serta pertumbuhan ekonomi bagi Tapanuli Raya khususnya Tapanuli Utara,” harap Bupati Nikson Nababan. (ney)

Exit mobile version