Ruas Mengger-Caringin di Kabupaten Pandeglang Diperbaiki

perbaikan jalan Menger-Caringin

Arsip - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (PJJ) Kabupaten Pandeglang Dinas PUPR Banten perbaiki ruas jalan Menger-Caringin menuju destinasi wisata Pantai Carita.

INDOPOS.CO.ID – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (PJJ) Kabupaten Pandeglang emasang jembatan bailley akibat tingginya aktivitas angkutan material di kawasan. Bukan hanya itu, aktivitas angkutan kendaraan untuk pembangunan jalan tol Serang-Panimbang (Serpan) yang menyebabkan jembatan Cibarengkok di Desa Cibeulah, Kecamatan Munjul, rusak.

Kepala UPTD PJJ Kabupaten Pandeglang Dinas PUPR Banten Agus Mufarik menjelaskan, akibat tingginya aktivitas angkutan berat material untuk pembangunan jalan tol Serpan membuat jembatan Cibarengkok ambrol.

”Sementara kami pasang dulu jembatan bailley, sebab kalau ditutup semua akan membuat akses jalan lumpuh total,” terang Agus kepada INDOPOS.CO.ID, Senin (14/3/2022).

“Untuk pemasangan jembatan bailley baru akan dimulai tiga harian lagi, karena dari pihak desa dan kontraktor minta diundur. Sebab dikhawatirkan, akan mengganggu progres fisik betonisasi jalan proyek ‘Jaka Mantul’ (Jalan Kabupaten Mantap Betul) milik Kabupaten Pandeglang,” sambungnya.

Selain memasang jembatan bailley di jalan raya Munjul-Cikeusik, pihaknya juga kini memelihara rutin di ruas jalan Mengger-Caringin, karena pemeliharaan rutin terakhir dilaksanakan pada saat sebelum tahun baru 2022.

Namun, karena saat itu musim hujan yang panjang, dan tingginya curah hujan menyebabkan debit air tidak dapat tertampung oleh drainase jalan, sehingga air meluber ke jalan yang menyebabkan jalan kembali rusak.

”Pemeliharan rutin terakhir dilaksanakan pada saat sebelum tahun baru 2022, namun karena tingginya curah hujan, sehingga air tidak tertampung oleh drainase, sehingga air meluber ke jalan yang menyebabkan jalan kembali rusak,” ungkap Agus.

Ia menambahan, overlay atau hamparan untuk ruas Mengger-Caringin yang menjadi jalan alternatif menuju destinasi wisata pantai Carita dari Pandeglang dilaksanakan pada akhir tahun 2021 di daerah Nambol sepanjang 1.35 kilometer, dan saat ini ruas jalan yang masih dalam kondisi rusak ringan di ruas tersebut sepanjang 6,5 kilometer dari total panjang jalan 29 kilometer.

”Tahun 2022 ini akan dilakukan peningkatan jalan sepanjang 2 kilometer yang dimuai dari Polsek Mandalawangi hingga Pasar Pari, dan sisanya akan dilakukan pada Tahun Anggaran (TA) 2023 sepanjang 4,5 kilometer,” tuturnya.

Agus mengatakan, pihaknya kini mendapat instruksi langsung dari Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumi untuk dilakukan perbaikan jalan Mengger-Mandalawangi hingga Caringin yang menjadi jalan kewenangan Provinsi di Kabupaten Pandeglang.

”Ada instruksi langsung dari pak Wagub Andika Hazrumy, agar ruas jalan Mengger-Mandalawangi hingga Caringin untuk segera dilakukan perbaikan,” cetusnya. (yas)

Exit mobile version