Antisipasi Gangguan Kamtibmas Jelang Ramadan, Kapolda Banten Beri Instruksi Begini

polda banten

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten Inspektur Jenderal Rudy Heriyanto memberikan instruksi kepada pejabat utama Polda Banten dan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) jajaran dalam rangka antispasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), pada Selasa (14/3/2022)

INDOPOS.CO.ID – Menjelang bulan suci Ramadan 1443 Hijriah tahun 2022 Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten Inspektur Jenderal Rudy Heriyanto memberikan instruksi kepada pejabat utama Polda Banten dan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) jajaran dalam rangka antispasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Instruksi tersebut disampaikan bersama pejabat utama dan para Kapolres pada Selasa (14/3/2022), membahas beragam tema terutama tentang antisipasi Polda Banten terhadap gangguan kamtibmas menjelang bulan suci Ramadan.

Rudy menyampaikan beberapa point penekanan kepada pejabat utama Polda Banten dan Kapolres jajaran.

“Saya menginstruksikan kepada seluruh PJU dan Kapolres jajaran yang pertama untuk razia knalpot racing, pelanggar harus pasang knalpot standar, sita serta musnahkan knalpot racing hasil razia tersebut, kedua pada bulan suci Ramadan agar aktif melaksanakan Operasi minuman keras dan petasan serta sita barang bukti selanjutnya proses sesuai dengan hukum yang berlaku,” kata dia, pada Rabu (16/3/2022).

Rudy menegaskan untuk tidak ragu menindak tegas berandalan jalanan.

“Jika ada berandalan jalanan yang meresahkan masyarakat menjelang Ramadhan tindak tegas jangan sampai mengganggu situasi kamtibmas,” tegasnya.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19 Kapolda Banten  menyampaikan instruksi selanjutnya.

“Guna mencegah penyebaran Covid-19 jika ada kerumunan segera dibubarkan kerumunan, lakukan penggeledahan dengan sasaran senjata tajam, senjata api dan bahan peledak,” tuturnya.

Rudy melanjutkan, menjelang bulan suci Ramadan tidak ada sweeping oleh organisasi kemasyarakatan (ormas) atau lembaga swadaya masyarakat (LSM) ke beragam sasaran jika ada yang melakukan sweeping lakukan penindakan, dan waspadai peredaran narkoba.

“Pada bulan Ramadan pastikan tidak ada sweeping oleh ormas atau LSM dan saya menegaskan kepada seluruh JPU dan Kapolres untuk aktif perang terhadap narkoba, waspadai peredaran dan miskinkan jaringan pengedarnya,” ujarnya.

Kapolda Banten mengatakan beberapa point Instruksi tersebut berdasarkan ekspektasi masyarakat.

“Polda Banten berupaya total untuk menjaga kondusifitas kamtibmas saat bulan suci Ramadhan melalui rangkaian kegiatan yang menjadi sasaran prioritas untuk ditertibkan dan dilakukan penegakan hukum hal ini sesuai dengan ekspektasi masyarakat,” ucapnya. (yas)

Exit mobile version