Inspektorat dan BPKP Didesak Audit Acara Konser di RSUD Banten

RSUD Banten

Konser musik dalam peresmian gedung B lantai 8 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten yang digelar meriah dengan mendatangkan artis ibu kota, Kamis malam (17/3/2022)

INDOPOS.CO.ID – Inspektorat Provinsi Banten dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) didesak untuk melakukan audit investigatif terhadap penggunaan anggaran konser musik dalam peresmian gedung B lantai 8 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten yang digelar meriah dengan mendatangkan artis ibu kota.

“Terkait dengan peresmian RSUD Banten yang dilaksanakan pada malam hari, hingga sampai mengundang artis Ibukota. Maka kami besok akan mengirimkan surat permohonan informasi publik terkait DPA dari kegiatan tersebut dan SPJnya,” kata Pengamat kebijakan publik Banten yang juga ketua Perkumpulan Maha Bidik Indonesia, Moch Ojat Sudrajat kepada INDOPOS.CO.ID, Jumat (17/3/2022).

Selain meminta DPA dan SPJ, pihaknya juga meminta dasar pertimbangan dilaksanakannya kegiatan peresmian mewah di tengah penderitaan korban banjir Serang, dan banyaknya pasien yang tengah terbaring sakit tak jauh dari tempat acara pesta musik.

“Kami sebenarnya menyambut baik dan mengapresiasi diresmikannya gedung 8 lantai RSUD Banten tersebut, namun akan menjadi antiklimak ketika peresmiannya dilakukan dengan demikian,” cetusnya.

Ia berharap, dengan predikat sebagai Provinsi informatif, dokumen DPA, SPJ dan yang berhubungan dengan kegiatan peresmian RSUD Banten 8 lantai tersebut. Baik pihak Dinkes atau RSUD dapat menjawab dan memberikan dokumentasinya.

”Kami berharap, kedua instansi itu dapat memberikan informasi publik tekait kegiatan peresmian rumah sakit yang diiringin dengan konser musik itu,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, peresmian gedung B berlantai 8 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUSD) Banten terus menuai kritikan dari dari berbagai kalangan, termasuk kalangan akademisi dan pengamat kebijakan publik.

Pasalnya, selain dilaksanakan pada malam hari yang dihadiri langsung oleh Gubernur Banten Wahid Halim dan artis dan penyanyi top Ibukota Tompi,penataan lampu atau lighting mirip dengan sebuah konser musik dan suasana di beberapa klub malam.

Kepala Inspektorat Banten Muhtarrom yang dikonfirmasi terkait dengan kegiatan tersebut hingga kini belum merespon INDOPOS.CO.ID melalui pesan WhatsApp meski pesan yang dikirimkan sudah dibaca. (yas)

Exit mobile version