Polda Banten Diminta Akselerasi Vaksinasi Booster

booster

Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Kepolisian Daerah (Polda) Banten Komisaris Besar Polisi Eko Kristianto meninjau vaksinasi booster di Terminal Bus Mandala Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Rabu (6/4/2022).

INDOPOS.CO.ID – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) dan para pejabat utama di Kepolisian Daerah (Polda) Banten diminta untuk mengakselerasi vaksinasi Booster saat Ramadan dan jelang Idul Fitri 1443 Hijriah sebagai syarat untuk pelaku perjalanan yang ingin melaksanakan mudik ke kampung halaman masing-masing.

“Sesuai dengan kebijakan pemerintah, maka Polda Banten fokus mengakselerasi pencapaian target vaksinasi booster bagi masyarakat Banten,” kata Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Kepolisian Daerah (Polda) Banten Komisaris Besar Polisi Eko Kristianto mengutip pernyataan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten Inspektur Jenderal Rudy Heriyanto, saat meninjau gerai akselerasi vaksinasi Polres Lebak yang dilaksanakan di Terminal Mandala, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Rabu (6/4/2022).

Eko mengatakan capaian vaksinasi Provinsi Banten, Kabupaten Lebak menempati posisi paling rendah.

“Bila dibandingkan dengan Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Banten capaian vaksinasi Kabupaten Lebak mendapat peringkat paling bawah yaitu dosis satu 78,00 persen dosis dua 59,1 persen dan dosis tiga 2,55 persen untuk lansia (lanjut usia) 56,77 persen,” ujarnya.

Eko menyatakan, terkait capaian tersebut Kapolda Banten memerintahkan agar Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) dapat berkolaborasi meningkatkan capaian vaksinasi.

“Kapolda Banten memerintahkan agar Bupati dapat berkordinasi dengan Kapolres (Kepalal Kepolisian Resor) dan Dandim (Komandan Distrik Militer) untuk intens melaksanakan koordinasi sehingga dapat memerintahkan sampai tingkat kecamatan supaya Camat, Kepala Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat), Kapolsek (Kepala Kepolisian Sektor) dan Danramil (Komandan Rayon Militer) bersinergi berkolaborasi untuk mengondisikan gerai vaksin bisa berjalan mengejar ketertinggalan untuk mencapai target pemerintah yaitu dosis satu dan dua 100 persen,” ucapnya.

Selanjutnya Eko berharap agar Polres Lebak membuat inovasi untuk meningkatkan capaian vaksinasi.

“Saya berharap Polres Lebak dapat melakukan inovasi dalam percepatan vaksinasi seperti yang dilakukan oleh daerah lain yaitu membuka gerai vaksin di Masjid, Pondok Pesantren yang pelaksanaannya dilakukan sebelum atau setelah buka puasa,” kata dia.

Irwasda Polda Banten mengajak masyarakat untuk terus berpartisipasi aktif mengikuti program vaksinasi dan disiplin dalam protokol kesehatan.

“Sepanjang masyarakat sudah menerima vaksin booster dan disiplin prokes dalam beraktivitas, kita tentu optimis bahwa kegiatan masyarakat saat Ramadan dan Idulfitri mendatang dapat berjalan dengan aman dari penyebaran Covid-19,” tutup Eko. (yas)

Exit mobile version