Tanggul Sungai Cikeruh Jebol, 600 Warga Ranca Ekek Kebanjiran

banjir

Tim BPBD Kabupaten Bandung melakukan kaji cepat dan monitoring kondisi banjir melanda Desa Ranca Ekek, Kecamatan Ranca Ekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/4/2022) (BPBD Kabupaten Bandung)

INDOPOS.CO.ID – Banjir merendam wilayah Desa Ranca Ekek, Kecamatan Ranca Ekek, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat setelah diguyur hujan pada Kamis (7/4/2022) pukul 18.00 WIB.

Hujan deras tersebut menyebabkan peningkatan debit air Sungai Cikeruh hingga meluap dan tanggul sungai jebol. Akibatnya ratusan rumah warga dan bangunan lainnya terdampak banjir.

“Mengakibatkan kurang lebih 200 unit rumah, satu mushala dan tiga sekolah terdampak banjir dengan tinggi muka air (TMA) 145-276 sentimeter,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya, Jumat (8/4/2022).

Laporan visual dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, banjir membawa lumpur dan material lainnya masuk ke dalam permukiman warga.

Beberapa warga berupaya membersihkan endapan lumpur yang terbawa masuk ke rumah menggunakan alat seadanya.

“BPBD Kabupaten Bandung mencatat, peristiwa tersebut berdampak pada 600 jiwa dari 200 KK. Tidak ada korban jiwa atas kejadian itu, namun aktivitas masyarakat menjadi terhambat,” ujar Abdul.

Tim BPBD Kabupaten Bandung telah turun ke lapangan guna melakukan kaji cepat situasi, monitoring berkala kondisi banjir, membantu proses pembersihan material lumpur.

“Koordinasi lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait seperti TNI, Polri, pemerintah desa setempat serta relawan untuk perbaikan tanggul yang jebol,” imbuhnya. (dan)

Exit mobile version