Gempa M 5,0 Guncang Nias Barat Sumut, Masyarakat Tidak Panik

gempa

Peta guncangan gempa bumi mengguncang wilayah Nias Barat, Sumatera Utara. Foto: BMKG

INDOPOS.CO.ID – Gempa bumi dengan magnitudo (M)5,0 mengguncang wilayah Nias Barat, Sumatera Utara pada, Jumat (22/4/2022). Guncangan gempa dirasakan lemah oleh warga setempat.

“Warga Nias Barat tidak panik saat gempa bumi dengan magnitudo 5,0,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (22/4/2022).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Barat menyebutkan guncangan gempa lemah dengan durasi 1 hingga 2 detik di daerahnya.

Gempa yang terjadi di perairan 113 km barat daya Nias Barat ini berkedalaman 16 kilo meter. Berdasarkan pemodelan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tidak berpotensi tsunami.

Gempa terjadi pada dini hari pukul 03.23 WIB. Titik koordinat gempa berada pada 0.41 Lintang Utara dan 96.60 Bujur Timur.

Sementara jika menghadapi potensi bahaya gempa dan tsunami, BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga. Bahaya gempa tidak dapat diprediksi secara akurat waktu dan tempat terjadinya.

“Pada bencana gempa bumi, sebagian besar warga menjadi korban akibat reruntuhan bangunan. Masyarakat diharapkan telah memiliki rencana kesiapsiagaan keluarga,” ujar Abdul. (dan)

Exit mobile version