Resmikan Kawasan Gunung Kemukus, Puan: Jadi Ikon Baru Destinasi Wisata Religi

kawasan Gunung Kemukus

Penataan kawasan Gunung Kemukus Foto: dok Kementerian PUPR

INDOPOS.CO.ID – Ketersediaan infrastruktur yang memadai mengubah wajah kawasan Gunung Kemukus. Dan sekaligus mempercepat pengembangan destinasi wisata.

Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangan, Kamis (28/4/2022).

Menurut dia, perbaikan infrastruktur dibutuhkan sektor pariwisata. Selain itu amenities dan event baru promosi besar-besaran.

“Kalau itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, kawasan wisata Gunung Kemukus diharapkan bisa menjadi ikon baru destinasi pariwisata di Kabupaten Sragen. Ikon wisata religi dan wisata keluarga tersebut bisa mendorong berkembangnya perekonomian kawasan setempat.

“Setiap wilayah pasti memiliki ikon wisata. Saya berharap dengan penataan bisa mengubah image Gunung Kemukus menjadi lebih baik,” katanya.

Perlu diketahui, penataan kawasan Gunung Kemukus dilaksanakan selama 390 hari kalender sejak tanggal kontrak September 2020 dan telah selesai pada Desember 2021. Anggaran penataan kawasan bersumber dari APBN Kementerian PUPR sebesar Rp48,4 miliar yang dilaksanakan secara Multi Years Contract (MYC) 2020-2021.

Ruang lingkup penataan kawasan Gunung Kemukus yang ditangani Kementerian PUPR seluas 4 hektare meliputi pembangunan Gerbang Barong, penataan Ruang Terbuka Hijau Publik (RTHP) Sumberlawang dan dermaga, penataan RTHP Sendang Ontrowulan hingga penataan situs Makam Pangeran Samudro.(nas)

Exit mobile version