DPRD Banten Setuju Pj Sekda Berasal dari Pejabat Senior

DPRD Banten

Wakil Ketua DPRD Banten, M Nawa Said Dimyati. (Istimewa)

INDOPOS.CO.ID – Wakil Ketua DPRD Banten M Nawa Said Dimyati berharap, jika Sekretaris Daerah (Sekda)  Banten Al Mukbatar ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Banten, maka pengganti Muktabar berasal dari jajaran Asisten Daerah (Asda) sebagai pejabat senior agar tidak menimbulkan resistensi di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Banten.

Menurut Nawa Said, selama ini Asda adalah pejabat yang bertanggungjawab langsung terhadap Sekda, sehingga dia sudah mengerti dan paham apa tugas dan fungsi Sekda sebagai ketua Tim Anggaran Pemerintahan Daerah (TAPD).

”Justru kalau Pj Sekdanya berasal dari kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) nanti akan menimbulkan resistensi di kalangan ASN,” ujar pria yang akrab disapa Cak Nawa ini kepada indopos, Rabu (11/5/2022).

Tak kalah penting, lanjut dia,, seorang Pj Sekda yang nantinya akan mendampingi Pj Gubernur adalah bisa menjaga keseimbangan komunikasi dengan berbagai elemen masyarakat, eksekutif dan legislatif.

”Penjabat Gubernur sangat perlu didukung oleh pejabat senior dan berpengalaman agar bisa menjaga keseimbangan komunikasi dengan berbagai elemen masyarakat, termasuk dengan eksekutif dan legislatif,” tuturnya.

Sebelumya, dukungan agar Pj Sekda berasal dari jajaran Asda juga dilontarkan oleh pengamat kebijakan publik Banten Moch Ojat Sudrajat.

“Itu silakan saja, siapa diantara 3 orang Asda itu nantinya yang akan diusulkan oleh Pj Gubernur menjadi Pj Sekda, sambil menunggu dilaksanakannya Selter JPT Madya,” kata dia.(yas)

Exit mobile version