Pj Sekda Banten Harus Mampu Membangun Komunikasi dengan Legislatif

Pemprov Banten

Kantor Pemerintah Provinsi Banten. Foto: Dok. Pemprov Banten

INDOPOS.CO.ID – Akademisi dan pengamat kebijakan publik Adib Miftahul berharap, calon Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten harus sosok yang mampu menjaga harmonisasi di internal Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal ini, lanjutnya, mengingat adanya resistensi akibat kebijakan yang lalu.

“Untuk calon Pj Sekda yang ideal, tentu saja sosok yang mampu menjaga harmonisasi di internal. Suka atau tidak suka, antara pak Al Muktabar dengan OPD (organisasi perangkat daerah) banyak resisten akibat kebijakan tempo lalu,” kata Adib, Akademisi Universitas Islam Syeh Yusuf Tangerang kepada INDOPOS, Kamis (12/5/2022).

Selain itu, sambungny, sosok calon Pj Sekda harus berasal dari pejabat senior yang sudah berpengalaman di pemprov Banten, dan memahami karakterstik masyarakat Banten, serta mampu membangun komunikasi dengan legislatif.

”Komunikasi dengan legislatif itu penting, mengingat Pj Gubernur bukan berasal dari parpol, agar program pemprov berjalan tepat dan cepat,” tegas Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional ini.

Tak kalah penting, lanjutnya, sosok yang tepat untuk menjadi Pj Sekda itu adalah, sosok yang benar benar jauh dari konflik kepentingan dan orang yang kasak kasuk mencari jabatan.

”Pj Sekda itu harus terbebas dari konfik kepentingan,” cetusnya.

Diketahui, Sekda Al Muktabar akan dilantik menjadi Pj Gubernur Banten, pada Kamis (12/5) ini. (yas)

Exit mobile version