DPRD : Sekda Harus Pejabat Senior yang Paham Karakter dan Budaya Banten

sekda

INDOPOS.CO.ID – Kekosongan jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten pasca dilantiknya Sekda Al Muktabar menjadi Penjabat (Pj) Gubernur terus mendapat perhatian.

Pasalnya, Sekda memiliki peran strategis dalam membantu kepala daerah menyusun program kerja dan mengkoordinasikan seluruh satuan kerja atau OPD (Organisasi Perangkat Daerah), dalam menjalankan fungsi pengawasan terhadap kebijakan, pembinaan administrasi, pembinaan terhadap aparatur daerah dan menjalan tugas lain yang diberikan oleh kepala daerah, termasuk menjadi ketua TAPD (Tim Anggaran Pemerintan Daerah) yang akan berhubungan langsung dengan legislatif.

Anggota DPRD Banten dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H Efu Saefullah mengatakan, penunjukan Sekda tidak boleh sembrono hanya berdasaran like and dislike seorang Pj Gubernur, namun juga didasari berbagai pertimbangan agar tidak menimbulkan kegaduhan dan resistensi di kalangan ASN Banten.

“Kriteria calon Sekda tentunya adalah pejabat senior yang sudah berpengalaman dalam bidang birokrasi dan memahami struktur penganggaran dan belanja daerah,” ujar Efu kepada INDOPOS, Rabu (18/5/2022).

Menurut mantan ketua PKB Kabupaten Lebak ini, tak kalah penting seorang Sekda yang akan mendampingi Pj Gubernur adalah seorang ASN yang memahami karakteristik, budaya dan adat masyarakat Banten agar semua terlayani.”Pemilihan Sekda oleh Pj Gubernur jangan berdasarkan balas budi atau balas dendam kepada pejabat sebelumnya, namun adalah orang yang paham karakteristik, budaya dan adat masyarakat Banten,” cetusnya.

Selain itu, kata ketua Hiswana Migas (Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas) Provinsi Banten ini, seorang Sekda yang akan mendampingi Pj Gubernur adalah yang mempunyai komitmen clean governance atau pemerintahan yang bersih dan berwibawa, dan good governance atau birokrasi yang bekerja secara efisien, efektif dan produktif, sehingga mampu memberikan dampak kerja positif dan bermanfaat kepada masyarakat.”Tak kalah penting adalah, seorang Sekda harus aspiratif dan melayani masyarakat serta dapat bekerjasama dengan Pj Gubernur,” tandasnya. (yas)

Exit mobile version