Pemprov Banten Laksanakan Seleksi Paskibraka

Banten

Asisten Daerah 1 bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Banten, Komarudin. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Dinas Pemuda dan Olahraga Banten melaksanakan Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat provinsi. Pembukaan seleksi dilaksanakan di Hotel Le Semar, Jalan Bhayangkara No. 50, Sumur Pecung, Kota Serang, Kamis (19/5/2022).

Mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, Asisten Daerah 1 bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Banten, Komarudin mengungkapkan Seleksi Paskibraka merupakan rangkaian dalam rangka Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022.

Ia mengatakan, seleksi Paskibra juga dalam rangka nation building, membangun nasionalisme di kalangan generasi penerus.

“Di balik bendera Merah Putih banyak makna yang terkandung di dalamnya,” ungkap Komarudin.

Dia menjelaskan, di balik makna Bendera Merah Putih adalah sebagai identitas, simbol pemersatu, serta eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia,

‘Kita mungkin tinggal hitungan tahun untuk berkarya bagi negara kita. Mau tidak mau, adik-adik yang akan melanjutkan,” ucap Komarudin.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banten, Ahmad Syaukani mengatakan, Seleksi Paskibraka di antaranya untuk memupuk semangat dan cinta kebangsaan di generasi muda dan mengembangkan disiplin pemuda,

“Membentuk Paskibraka dalam rangka Upacara bendera 17 Agustus 2022 tingkat provinsi atau untuk mengirim perwakilan ke tingkat nasional,” jelasnya.

Syaukani menyatakan, peserta seleksi merupakan siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau sederajat sebanyak 80 orang. Masing-masing kabupaten/kota mengirimkan 10 orang peserta, 5 laki-laki dan 5 perempuan. Sedangkan untuk panitia seleksi merupakan gabungan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri),  Purna Paskibraka Indonesia (PPI), psikolog, akademisi, dan tim Pemerintah Provinsi Banten. (yas)

Exit mobile version