Kadiv PAS Kemenkumham Banten: Jajaran KPLP Harus Jadi Role Model

kadivpas

Kepala Divisi Pemasyarakatan KumHAM Banten Masjuno memberikan pengarahan kepada jajaran Lapas se-Banten

INDOPOS.CO.ID – Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Banten, Masjuno meminta jajaran Pemasyarakatan untuk untuk memaksimalkan pelayanan dan pengamanan Lapas/Rutan/LPKA.

Ia juga meminta jajaran Pemasyarakatan meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bahaya gangguan keamanan dan ketertiban yang muncul, khususnya kerawanan peredaran gelap Narkoba yang berpotensi masuk dan terjadi di dalam Lapas/Rutan/LPKA Wilayah Banten.

Hal itu disampaikan Masjuno kepada belasan Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas/Rutan/LPKA se-Wilayah Banten bertempat di Aula Lapas Kelas I Tangerang, Sabtu (21/5/2022) lalu.

“Saat ini pengamanan Lapas/Rutan /LPKA sudah tidak boleh lagi dilakukan dengan cara-cara pendekatan biasa-biasa saja. Diperlukan strategi khusus sehingga berbagai potensi kerawanan gangguan kamtib dapat diantisipasi,” terang Masjuno

Langkah tersebut, kata Masjuno, dapat dimulai dengan meningkatkan intensitas dan kualitas penggeledahan blok/kamar hunian Warga Binaan dan menindaklanjuti setiap hasil temuan untuk menekan jumlah barang terlarang yang masuk ke dalam blok/kamar hunian.

Masjuno menambahkan, hal lain yang perlu dilakukan adalah memastikan tidak beralih fungsinya ruangan-ruangan dan bangunan yang berada di dalam Lapas/Rutan/LPKA.

“Lakukan penataan kembali terhadap ruang dan bangunan yang ada di Lapas/Rutan /LPKA agar sesuai dengan fungsi awal bangunan,” ujarnya.

Tidak hanya perbaikan pada fungsi sarana dan prasarana, secara khusus, Masjuno juga meminta jajaran Pemasyarakatan untuk melakukan langkah-langkah dalam peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia/Petugas Pengamanan terkait dengan tugas pokok dan fungsinya.

Masjuno optimis, jika hal tersebut dilakukan, ditambah adanya komitmen dari seluruh jajaran Pemasyarakatan, tidak mustahil jika pelayanan dan pengamanan di Lapas/Rutan/LPKA dapat berjalan maksimal tanpa adanya satu hambatan apapun.

Untuknya, Masjuno berharap agar Para Kepala Kesatuan Pengamanan mampu menjadi “Role Model” di jajaran Pengamanan sehingga muncul rasa kepedulian dari seluruh petugas pengamanan didalam pelaksanaan tugasnya.

“Tingkatkan komunikasi dan koordinasi antar bagian di internal Unit Pelaksana Teknis untuk kelancaran tugas serta bangun sinergitas yang kokoh dengan stakeholder lainnya,” imbuhnya. (yas)

Exit mobile version