Polisi Masih Dalami Penyebab Kecelakaan Beruntun di Cipularang

kecelakaan

Ilustrasi kecelakaan lalu lintas. Foto: Freepik

INDOPOS.CO.ID – Polisi menuturkan kronologi kecelakaan beruntun melibatkan belasan kendaraan yang terjadi di Tol Cipularang KM 92 arah Jakarta pada, Minggu (26/6/2022) pukul 20.20 WIB. Insiden itu melibatkan belasan kendaraan.

Kecelakaan bermula saat bus Laju Prima bernopol B 7602 XA melaju dari arah Bandung menuju Jakarta menabrak beberapa kendaraan di depannya. Penyebab kecelakaan diduga karena rem blong.

“Kecelakan itu bermula dari kendaraan bus laju Prima datang dari arah Bandung menuju Jakarta di lajur 1 KM 92. Informasi awal, kita masih lidik, kita belum memastikan itu rem blong atau apa,” kata Kanit Laka Wilayah Purwarkara Iptu Jamal Nasir SAP melalui gawai, Jakarta, Senin (27/6/2022).

Pihaknya tidak terburu-buru menyimpulkan penyebab kecelakaan tragis tersebut. Berdasar informasi di lapangan, bahwa pengemudi bus sempat hilang kendali dan membelokan kendaraanya ke sebelah kanan.

“Kita kan harus (ada-red) saksi ahli yang menyatakan KM 92 pengemudi hilang kendali kemudian, banting ke kiri hingga ke bahu jalan nah di situ terjadi tubrukan kendaraan yang ada di depannya kemudian oleng ke kanan,” tutur Jamal.

Kendaraan yang terlibat kecelakaan berjumlah belasan. Meski sebagian kendaraan ada yang memilih melanjutkan perjalanannya.

“Semuanya 17 (mobil), cuman ada tiga kendaraan sedikit ngga mau ribet. Orangnya dia minta lanjutin perjalanan jadi semuanya sekitar 15,” beber Jamal.

Ia menambahkan, polisi bakal melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mencari dan mengumpulkan barang bukti yang akan menjadi petunjuk bagi penyidik.

“Pertama olah TKP, minta keterangan saksi, kumpulkan barang bukti, kita akan kordinasi dengan saksi ahli terkait kendaraan bus Laju Prima tersebut untuk mencari penyebabnya,” imbuhnya.

Akibat kecelakaan tersebut terdapat tiga orang luka berat dan 16 orang luka ringan. Korban kecelakaan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Abdul Radjak Purwakarta.

Pukul 01.17 WIB lokasi kejadian telah bersih, lalu lintas kembali normal. Kendaraan terlibat kecelakaan dibawa ke Pool Derek Jatiluhur. (dan)

Exit mobile version