Petugas Rutan Surakarta Gagalkan Aksi Warga Binaan yang Akan Kabur

Warga Binaan

Petugas Rutan Surakarta berhasil menggagalkan percoba melarikan diri seorang warga binaan. Rutan Surakarta for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Petugas Rutan Surakarta berhasil menggagalkan usaha seorang warga binaan (narapidana) berinisial RF yang mencoba melarikan diri dengan jalan bersembunyi di atap masjid dan dapur Rutan, Senin (4/7/2022).

Kalapas Rutan Surakarta, Urip Dharma Yoga Amd.IP SH MH menyatakan peristiwa kaburnya tahanan itu berhasil diketahui ketika petugas melakukan pengecekan jumlah warga binaan pada salah satu sel.

“Petugas menemukan jumlah tahanan di sel itu berkurang satu orang atas nama RF yang merupakan tahanan dalam kasus pencurian. Maka petugas pun segera melakukan penyisiran ke lorong dan tempat-tempat yang diduga menjadi persembunyian warga yang kabur tadi,” ujar Urip kepada Indopos.co.id, Senin (4/7/2022).

Saat dilakukan pengecekan, akhirnya petugas menara Rutan Surakarta melihat bahwa warga binaan yang kabur tersebut sudah berada di atas atap masjid dan dapur. Maka RF pun kemudian berhasil ditangkap tanpa perlawanan.

“Dalam pemeriksaan, pelaku mengaku nekat melarikan diri karena merasa kurang diacuhkan oleh keluarganya. Hal itu bermula ketika dia menelepon keluarganya lewat wartel yang ada di dalam lapas, keluarganya tak ada yang mau menerima telepon RF. Karena stress, RF pun berusaha kabur,” ujar Urip.

Dalam catatan kepolisian pun, RF pernah mencoba melakukan bunuh diri dengan cara memakan obat nyamuk Autan. Berutung petugas piket di Polres yang menahannya berhasil mencegah dan warga Jalan Wijaya Kusuma, Kauman, Pasar Kliwon Surakarta ini berhasil diselamatkan.

Karutan Surakarta menyatakan dengan adanya kejadian ini, pihaknya bersama seluruh jajaran akan senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan kesiap siagaan sehingga upaya-upaya percobaan pelarian maupun gangguan keamanan dapat dicegah.

“Semuanya akan kita evaluasi kembali agar peristiwa ini tidak terulang kembali,” ujarnya. (gin)

Exit mobile version