Putri Otonomi Sehari Jadi Wamendagri, Ini Kisahnya

Putri-Otonomi-Indonesia

Gresita Fenny Yohana Siahaan (empat dari kanan) dan Ketua Dekranasda Taput, Satika Simamora (tiga dari kanan) (nelly marinda/Indopos.co.id)

INDOPOS.CO.ID – Gresita Fenny Yohana Siahaan menyandang gelar Putri Otonomi Indonesia (POI) 2022. Setelah berhasil menyisihkan 34 finalis dari berbagai daerah pada 18 Juni 2022 lalu di Bogor. Setelah berbulan bulan dikarantina, lalu lolos menjadi yang terbaik, Selasa (12/7/2022) pertama kalinya pulang ke kampung halaman di Siborong-borong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Kepulangannya ke tanah kelahirannya disambut sangat meriah sejak tiba di Bandara Internasional Silangit, Siborong-borong oleh Ketua Dekranasda Taput, Satika Simamora.

“Kami bangga dengan prestasi anak – anak kami. Ini bentuk semangat dan keinginan yang kuat untuk mengubah nasib, tidak ada prestasi yang dapat tanpa ada perjuangan dan perencanaan yang baik,” kata Satika Simamora, yang juga merupakan ketua tim penggerak PKK Taput tersebut.

Turut hadir menyambut POI 2022 Inspektur Erikson Siagian, Kadis Pariwisata Sasma Situmorang, Kepala BPBD Bonggas Pasaribu dan Camat Siborong-borong beserta para Pimpinan Perangkat Daerah lainnya.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Komunitas Media Asosiasi, Akademisi dan Praktisi Pariwisata Nusantara (MAAPPNUS) sekaligus dalam rangka Press Tour dengan Tema “Kebangkitan Pariwisata DSP Danau Toba” selama 3 hari (11 Juli – 13 Juli 2022) di Tapanuli Utara dengan dukungan CIMB Niaga.

Penyambutan dilakukan dengan penyerahan karangan bunga yang diiringi musik dan tortor, serta penyerahan cinderamata kepada rombongan panitia POI 2022. Setelah penyambutan di bandara, Putri Otonomi Indonesia 2022 bertolak ke Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si. untuk jamuan makan malam. Gresita merupakan anak ke-3 dari 4 bersaudara yang pernah meraih prestasi sebagai Juara 1 Putri Bona Pasogit Tapanuli Utara Tahun 2016,

Putri Pariwisata Provinsi Sumatera Utara dan sekarang menjadi Putri Otonomi Indonesia 2022.

Gresita yang alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) ini untuk menceritakan pengalamannya mulai dari pendaftaran sampai akhirnya jadi juara 1 Putri Otonomi Daerah 2022. Dan salah satu pengalaman yang paling berkesan baginya adalah pengalaman menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Watimpo selama sehari.

“Yang paling berkesan bagi saya karena saya setelah menjadi POI adalah posisi Wamendagri menggantikan pak Wempi mulai dari pagi hingga sore hari. Saya duduk di kursi kerjanya, menandatangani beberapa surat mulai dari pagi hingga sore, kemudian berkomunikasi dengan beberapa departemen serta bertemu dengan beberapa tamu termasuk Menteri,” tegasnya.

Gresita juga mengaku pencaian yang diterimanya saat ini tidak tidak lepas dari dukungan yang luar biasa dari Bapak Bupati dan Ibu Bupati juga kedua orang tua saya.

Gresita juga mengungkapkan, di periode pertama masa Kepemimpinan Nikson Nababan dirinya sudah pernah berdiri di Sopo Rakyat ini pada saat memenangkan juara 1 Duta Wisata 2016 dan di periode kedua ini Tuhan kasih kesempatan lagi bagi untuk mengecap kebaikan beliau, kebijaksanaan beliau dalam memimpin.

“Terima kasih yang tak terhingga buat Bapak Nikson Nababan dan Ibu Satika Simamora dan seluruh masyarakat Tapanuli Utara buat dukungannya yang sangat luar biasa,” tegasnya.

Gresita juga berharap prestasi seperti ini jangan berhenti pada dirinya, semoga banyak lagi dari Tapanuli Utara anak-anak muda yang bisa melanjutkannya. Tapanuli Utara itu kaya, dan Visi Misi yang diusung Bupati Taput, untuk menciptakan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas, menjadi proritas. “Doakan kami generasi muda ini supaya kelak bisa memimpin seperti bapak-ibu sekalian, bisa menunjukkan taring kami lebih jauh lagi dan kemampuan kami lebih hebat lagi,” harap Gresita.

Sementara itu Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan mengaku sangat senang dan bangga atas prestasi Gresita.

“Saya harap prestasi Gresita bisa membawa banyak kebaikan bagi kemajuan Kabupaten Tapanuli Utara. Selamat bertugas buat Gresita. Kami dukung Gresita bisa meraih prestasi lebih tinggi dan bisa menjadi inspirasi buat generasi muda Tapanuli Utara lainnya bisa mengikuti jejak Gresita menjadi juara di tingkat Nasional bahkan ke tingkat Internasional.” ujar Nikson.

Nikson mengucapkan terima kasih atas perjuangan Gresita telah memberikan yang terbaik bagi Tapanuli Utara. Dia berpesan pada Gresita, bahwa untuk menjadi unggulan tidak ada yang mulus, pasti selalu ada rintangan.

“Seorang Gresita pantas berbangga jadi nomor 1, ini bukan karena kuasa kita tapi karena belas kasih Tuhan. Mari berkarya untuk memajukan Tapanuli Utara. Kami semua atas nama Pemerintah dan masyarakat Tapanuli Utara bangga akan prestasimu, selamat bertugas dan jadilah saluran berkat untuk sekeliling dimana pun dia dipercaya mengabdi ke depan,” pungkasnya. (ney)

Exit mobile version