Gebyar Nusantara Gemilang Jatim 2022, Khofifah: Ini Kekuatan Bhinneka Tunggal Ika

Polda Jatim

Polda Jatim menggelar Gebyar Nusantara Gemilang 2022 dalam rangka memperingati HUT ke-77 kemerdekaan RI. Foto: Humas Polda Jatim

INDOPOS.CO.ID – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timiur (Jatim) menggelar malam Gebyar Nusantara Gemilang Jatim 2022. Pergelaran pada malam puncak tersebut disajikan oleh Polda Jatim dengan pertunjukan kolosal di Grand City Mall Surabaya, Senin (15/8/2022).

Acara tersebut diikuti para perwakilan dari 39 Polres/Polresta/Polrestabes jajaran Polda Jatim dan juga dihadiri oleh 494 undangan yang terdiri dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tingkat provinsi dan kabupaten/kota, civitas academica, tokoh agama, tokoh masyarakat, budayawan, unsur partai Politik, serta instansi terkait lainnya.

Pertunjukan kolosal tentang keberagaman nusantara dan sejarah hari kemerdekaan Republik Indonesia ini digelar Polda Jatim juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI.

“Seluruh peserta telah mempersiapkan sejak 1,5 bulan lalu. Peserta menunjukkan dedikasi, loyalitas, dan kemauan yang sangat luar biasa, sehingga semuanya berjalan lancar,” ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta.

Kapolda Jatim ini mengapresiasi penampilan maksimal para peserta saat sesi penjurian. Dia berharap ajang tersebut dapat dijadikan momentum untuk bangkitnya geliat dunia seni dan pertunjukan Jatim jelang persiapan era new normal.

“Saya yakin, negara kita tidak hanya cukup merdeka, tapi perlu dipupuk, dan memupuknya adalah dengan seni dan budaya. Sehingga, nanti bisa menjadi persatuan dan kesatuan yang kuat. Kita isi juga dengan kerja keras dan hasil nyata, banyak pemuda/pemudi Indonesia yang berprestasi, tidak hanya di Jatim,” kata Nico.

“Cinta menyatukan hati, jadi acara ini tidak bisa berjalan kalau tidak ada keinginan dan kecintaan pada bangsa dan negara, memang luar biasa Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika itu,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan pergelaran Gebyar Nusantara Gemilang Jatim sangatlah luar biasa dan spektakuler. Acara tersebut memberikan warna kekuatan nusantara dan kekuatan Bhinneka Tunggal Ika.

“Harapan saya kita Jatim punya gedung opera, di sana setiap hari bisa ditampilkan karena cerita Majapahit itu kuat sekali, nusantara kemudian Bhinneka Tunggal Ika dan itu menjadi bagian penguat bagi siapa saja yang hadir, bila sajiannya seperti penampilan Gebyar Nusantara Gemilang Jatim. Ini akan memberikan warna kekuatan nusantara, kekuatan Bhinneka Tunggal Ika bagi Indonesia dan dunia,” tutup Khofifah. (dam)

Exit mobile version