Posisi Pj Sekda Banten Disoal, Selter JPTP Biro Ekonomi Diulang

Seleksi-Terbuka

Ilustrasi Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

INDOPOS.CO.ID – Pengamat kebijakan publik Moch Ojat Sudrajat mempersoalkan posisi M Tranggono sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten yang menjadi ketua panita seleksi terbuka (selter) untuk mencari kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, di saat Sekda Definitifnya masih ada dan menjabat sebagai Pj Gubernur Banten.

“Saya akan tetap mempersoalan posisi Pj Sekda yang menjadi ketua Pansel JPT Pratama disaat Sekda Definitifnya masih ada dan saat ini menjabat sebagai Pj Gubernur,” ujar Ojat kepada INDOPOS.CO.ID, Rabu (6/9/2022).

Sebab, lanjutnya, belum ada aturan yang jelas kewenangan Pj Sekda disaat Sekda Definitifnya ditunjuk sebagai kepala daerah.

“Setahu saya belum ada aturan yang jelas kewenangan Pj sekda disaat Sekda Definitifnya ditunjuk sebagai kepala daerah.Apakah tugas Pj Sekda hanya mengurus administrasi atau bisa mengambil alih semua tugas dan fungsi Sekda definitif?,” cetusnya.

Sementara sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mempertanyakan alasan diulangnya Selter JPT Pratama untuk posisi kepala biro perekonomian dan administrasi Pemprov Banten, mengingat Pansel sudah mendapatkan satu calon yang memenuhi syarat.

“Apa dasarnya Selter JPT Pratama untuk jabatan kepala biro ekonomi dan administrasi diulang kembali.Bukan kah sudah ada satu kandidat yang memenuhi kriteria? Jika nanti diulang,apakah kandidat yang sudah memenuhi syarat tadi mengikuti proses dari awal kembali atau seperti apa? Bukan kah ini terjadi pemborosan anggaran,” ungkap seorang PNS senior di Pemprov Banten kepada INDOPOS.CO.ID di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Rabu (6/9/2022).

Diketahui, dalam Surat pengumuman Pansel Nomor 102/JPTP/2022 yang ditandatangani oleh Pj sekda sebagai ketua Pansel menyatakan akan mengulang kembali pelaksanaan Selter untuk posisi jabatan kepala biro ekonomi dan administrasi mengigat pansel tidak menemukan tiga orang kandidat yang memenuhi syarat.

Beredar kabar, diulangnya kembali Selter untuk jabatan kepala biro ekonomi dan administrasi ini diduga untuk menjegal calon yang sudah mendapatkan point tertinggi dalam Selter yang sudah dilaksanakan. Sementara Pj Sekda Banten M Tranggono yang dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp terkait alasan diulangnya Selter untuk jabatan kepala biro ekonomi dan administrasi ini tidak merespon,meski pesan yang dikirimkan sudah dibaca dengan dua tanda centang.(yas)

Exit mobile version