Selter Biro Ekonomi Banten Diulang, Ini Kata Mantan Dirjen Otda

Seleksi-Terbuka

Ilustrasi Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

INDOPOS.CO.ID – Diulangnya Seleksi Terbuka (Selter) untuk mencari kepala biro ekonomi dan administrasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten memunculkan berbagai polemik dan tudingan. Mengingat panitia seleksi (Pansel) hanya mendapatkan satu calon yang memenuhi syarat dan mendapatkan point tertinggi.

Ada yang menuding, diulangnya Selter kepala biro ekonomi dan administrasi tersebut karena kandidat yang mendapatkan point tertinggi kurang disukai oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Menyikapi persoalan ini, mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Soni Sumarsono mengatakan, untuk seleksi terbuka bila hanya satu calon yang memenuhi syarat hingga sampai batas waktu,maka Pansel dapat memperpanjang batas waktunya hingga terpanuhi.

“Jadi tidak perlu mengulang dari awal namun cukup diperpanjang lagi pelaksanaan Selter ya,” terang Soni kepada INDOPOS.CO.ID, Rabu (6/9/2022)

Ia mnelanjutkan, bila masih juga tetap 1 maka perlu dilakukan tinjau ulang persyaratan yang memberatkan dan umumkan lagi.

“Bila masih tetap 1 laporkan kepada KASN untuk meminta rekomendasi penunjukksn calon yang hanya satu,” cetusnya.

Hal ini kata Soni, sesuai Undang Undang (UU) Nomor 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Menurut saya, aneh bila tidak ada yang mendaftar dan memenuhi syarat kalau posisi yang dilamar Biro Ekonomi. Kita ini sudah banyak dan berlebihan ASN sarjana ekonomi di Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota, apalagi di perguruan tinggi,” tuturnya.

Dikatakan, lain hasilnya bila yang dilelang itu untuk ahli nuklir mungkin sulit dan logis bila pelamar yang penuhi syarat cuma 1.(yas)

Exit mobile version