Gempa Bumi M 6,4 Guncang Aceh, Sebagian Warga Berlari ke Luar Rumah

acehh

Peta Guncangan Gempabumi (Earthquake Shakemap). Foto: Dokumen BMKG

INDOPOS.CO.ID – Gempa bumi dengan magnitudo (M)6,4 mengguncang wilayah Meulaboh, Provinsi Aceh, pada Sabtu (24/9/2022) pukul 03.52 WIB. Fenomena tersebut memicu guncangan kuat dirasakan sejumlah warga di wilayah Aceh.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan gempa tidak menimbulkan korban maupun kerugian materi, meskipun guncangan gempa tersebut pada kategori kuat.

Pusdalops BNPB terus melakukan koordinasi dan pemantauan pada wilayah-wilayah yang melaporkan guncangan kuat.

“Guncangan kuat dirasakan warga Kabupaten Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Jaya dan Aceh Barat Daya. Masyarakat panik hingga berhamburan ke luar rumah,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Sabtu (24/9/2022).

Sementara itu, warga di Kabupaten Aceh Tengah, Aceh Besar, Aceh Selatan, Pidie Jaya dan Simeulue melaporkan guncangan dengan intensitas sedang dengan durasi waktu berkisar 2 hingga 5 detik.

“BPBD Aceh Tengah menyampaikan warganya panik dan ke luar rumah saat guncangan terjadi,” tutur Abdul.

Berdasarkan parameter BMKG, pusat gempa berada di laut dan berdasarkan pemodelan tidak memicu terjadinya tsunami. Gempa M6,4 berada pada kedalaman 22 km.

Melihat intensitas kekuatan gempa dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, teridentifikasi wilayah Meulaboh, Aceh Selatan dan Nagan Raya pada IV MMI, Aceh Besar, Banda Aceh, Takengon, Bener Meriah dan Simeulue III MMI, serta Pidie, Idi, Bireuen, Aceh Tamiang dan Langsa II MMI. (dan)

Exit mobile version