Jatim Bangun Generasi Qurani Lewat Gelaran MTQ Nasional ke-29

Jatim

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (Pemprov Jatim for INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-29 digelar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Banyak peserta berdatangan mengikuti gelaran MTQ yang digelar 10 hingga 20 Oktober mendatang.

“Keberangkatan para kafilah ini merupakan ikhtiar untuk membawa harum nama Jawa Timur,” ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di laman resmi Pemprov Jatim, Selasa (11/10/2022).

Ia mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur mendo’akan agar kafilah MTQ asal Jatim kembali dengan membawa predikat juara umum. Apalagi, menurut dia, keberangkatan kafilah Jatim beriringan dengan proses memberi referensi kehidupan untuk membangun generasi qurani.

“Ini referensi terhadap pola pikir, perilaku, interaksi dan seluruh unsur kehidupan untuk membangun generasi Qurani. Generasi yang memiliki akhlaqul karimah untuk kehidupan penuh kasih dan damai,” ujarnya.

Referensi ini juga, masih ujar Khofifah, beriringan dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diutus Allah untuk menyempurnakan akhlak. Dan, momentum menghadirkan Islam yang ‘rahmatan lil alamin’.

“Saat Sayyidah Aisyah r.a. istri Rosulullah SAW ditanya apa kesan beliau tentang Rosulullah Muhammad SAW, maka dijawab akhlak Rosulullah adalah Alqur’an,” terangnya.

“Maka sesungguhnya hari ini bersama-sama kita mengingatkan diri kita semua bagaimana pola pikir, sikap, dan tindakan kita pada posisi yang berdasar akhlakul karimah dan beriringan dengan sifat-sifat yang diteladani Rasulullah SAW ,” imbuhnya.

Secara khusus, Khofifah mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Jatim. Secara maksimal telah berikhtiar melakukan pembinaan dan ikhtiar bathin dengan dzikir dan do’a bersama. “Mudah-mudahan prestasi dari tahun sebelumnya bisa ditingkatkan dan kita bawa pulang piala Juara Umum ke Jawa Timur,” ujarnya. (nas)

Exit mobile version