Pemotor Meninggal Dunia Akibat Terseret Arus Banjir di Bangli

Tim-BPBD-Kabupaten-Bangli

Tim BPBD Kabupaten Bangli melakukan evakuasi korban banjir dan dibawa ke Rumah Sakit Umum terdekat. Foto: Dok BPBD Kabupaten Bangli

INDOPOS.CO.ID – Hujan deras yang melanda wilayah Bali menyebabkan Kabupaten Bangli terendam banjir pada, Senin (17/10/2022). Akibat kejadian tersebut satu warga dilaporkan meninggal dunia akibat terseret arus banjir.

Banjir yang melanda Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli ini terjadi setelah hujan deras sekitar pukul 13.20 WITA. Kondisi curah hujan tinggi memicu longsor di Kecamatan Susut. Aktivitas warga ikut terganggu akibat longsor menutup akses jalan.

“Hasil kaji cepat sementara, peristiwa ini terjadi ketika korban mengendarai sepeda motor dan terseret arus banjir yang berasal dari luapan saluran air,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Tim BPBD Kabupaten Bangli bersama tim gabungan segera melakukan penyisiran saluran air dari depan lapangan Kilobar Tamanbali menuju saluran irigasi Guliang Kangin.

“Saat ini korban sudah dievakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Umum terdekat untuk dilakukan outopsi,” tutur Abdul.

Upaya pengerahan alat berat dari Dinas PU juga telah diinisiasi guna membuka akses jalan. Selain itu, penyemprotan oleh tim Damkar juga dilakukan guna membersihkan material lumpur agar warga sekitar dapat melintas kembali.

BPBD bersama tim gabungan juga terus melakukan koordinasi lanjutan dalam hal pendataan. Semua tim terus berjibaku dilapangan guna melakukan upaya percepatan penanganan darurat.

Merujuk informasi peringatan dini BMKG menyatakan sebagian besar wilayah Indonesia berpotensi mengalami cuaca ekstrem yang ditandai curah hujan tinggi hingga Oktober 2022.

BNPB menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan. Salah satunya dengan mempersiapkan mitigasi awal dengan menjaga dan membersihkan saluran air secara rutin mulai dari lingkup terdekat yakni, disekitar tempat tinggal.(dan)

Exit mobile version